SDN Pakujajar Menggelar Pameran Hasil Belajar dan Talkshow oleh Siswa melalui Giat P5


sukabumiNews.net, KOTA SUKABUMI – Siswa Kelas 5 SDN Pakujajar CBM mengisi kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan dengan Pameran Hasil Belajar dan Talkshow langsung oleh Siswa.

Kegiatan tersebut diikuti oleh rombel kelas 5 yang terdiri dari kelas 5.1, 5.2, 5.3 dan 5.4. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang kelas SDN Pakujajar CBM Kota Sukabumi, Senin (22/5/2023).

Kepala Sekolah SDN Pakujajar CBM Kota Sukabumi, Hj. Ebah Suaebah saat diwawancarai oleh siswanya pada kegiatan P5 dengan tema "Rekayasa dan Teknologi".

Menurut Kepala Sekolah (Kepsek) SDN Pakujajar CBM, Hj. Ebah Suaebah, P5 kali ini merupakan tema yang ke dua di tahun ajaran 2022-2023. Tema yang diangkat adalah "Rekayasa dan Teknologi", dengan sub tema "Teknologi dalam Genggamanku".

“Seperti diketahui tadi dalam kegiatan ini para siswa kelas 5 memamerkan hasil belajar seperti karya tulis, gambar dan kegiatan Talkshow yang dipandu langsung oleh siswa kelas 5 sendiri,” ungkap Kepsek kepada sukabumiNews.net, Senin (22/5/2023).

Dikatakan Kepsek bahwa P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini merupakan salah satu inovasi dalam kurikulum merdeka yang dibentuk dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024.

“Tujuannya yaitu untuk memberikan siswa pengalaman nyata dalam mewujudkan nilai-nilai luhur Pancasila melalui serangkaian aktivitas projek pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas,” jelas Hj. Ebah Suaebah.

Ia menambahkan, selain itu, tujuan P5 juga untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran,” sambungnya.

Karena tujuan P5 merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka, kata Ebah, maka untuk mengetahui lebih dalam mengenai tujuan P5 termasuk pengertian dan implementasinya, penting untuk mengetahui Kurikulum Merdeka dan latar belakang dibentuknya kurikulum ini.

Salah satu guru kelas 5 Lucki L munuturkan, kegiatan P5 ini diisi oleh pameran hasil belajar dan talkshow yang dipandu langsung oleh anak-anak dengan menghadirkan praktisi konten kreator kota Sukabumi, Muhamad Wildan Septian.

Lebih lanjut koordinator P5 kelas 5, Harmi Hikmatiar menjelaskan bahwa Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

“Kurikulum ini sudah diperkenalkan secara resmi pada awal tahun 2022, tepatnya di bulan Februari. Kurikulum ini akan menjadi pengganti Kurikulum 2013,” ungkap Harmi.

Harmi menyebut, kurikulum yang sekarang digunakan memiliki sejumlah kelemahan dalam penerapannya, terutama saat masa pandemi lalu, di mana kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online.

“Ditambah lagi, banyak siswa yang mengalami learning loss karena pembelajaran jarak jauh yang dilakukan selama pandemi Covid-19. Untuk mengatasi masalah tersebut, akhirnya diluncurkanlah Kurikulum Merdeka yang lebih fleksibel, ringkas, dan sederhana,” jelasnya.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh para oreng tua wali kelas. Sementara orang tua wali kelas 5.3, Endrawati mengaku bangga lantaran anaknya bisa berkreasi melaui Kurikulum Merdeka yang diajarkan di SD Pakujajar CBM Kota Sukabumi tersebut.

“Terimakasih kepada guru-guru pembimbing, terutama kepada Kepala Sekolah, Hj. Ebah Suaebah. Kami bangga karena pembelajaran yang ada pada Kurikulum Merdeka ini bisa memberikan wawasan terhadap anak-anak kami yang mungkin tidak akan ditemukan pada kurikulum lainnya,” ucap Endrawati.

BACA Juga: Guru SDN Pakujajar CBM Raih Penghargaan Karya Tulis Ilmiah dalam Program Filtrasi

Red*
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2023

1 Comments

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

  1. Semangatt adik-adik ku sukses selaluu, terimakasih buat Ibu/Bapak Guru yg telah membimbing muridnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post