MAN 1 Kota Sukabumi Gelar Karya P5-PPRA

MAN 1 Kota Sukabumi menggelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5-PPRA) pada Senin (26/2/2024).


P5-PPRA dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin

KOTA SUKABUMI (SUKABUMINEWS.ID) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Sukabumi menggelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5-PPRA), Senin (26/2/2024). 

Kepala MAN 1 Kota Sukabumi Drs. H. Badrutamam menyebut, kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa terhadap nilai-nilai Pancasila dan konsep Rahmatan Lil Alamin. 

“P5-PPRA Sebuah ikhtiar untuk merawat tradisi dan menyemai gagasan beragama yang ramah dan moderat. Gagasan Rahmatan lil Alamin sesungguhnya adalah salah satu opsi merawat kebhinnekaan Indonesia tanpa harus mencabut tradisi dan kebudayaan yang ada,” terang Badrutamam kepada sukabumiNews.id, Senin (26/2). 

Menurut Kepsek, mengembangkan konsep agama moderat di tengah umat sangatlah penting, khususnya di Indonesia. Karena di negara ini terdapat banyak aliran dalam agama, pola pikir yang beragam, dan multi-etnis. 

Sebagai negara yang berlandaskan falsafah Pancasila, lanjut dia, Pancasila dapat dipandang sebagai salah satu perwujudan dari Rahmatan lil Alamin. Banyak nilai-nilai luhur yang ada dalam Pancasila selaras dengan ajaran agama. 

“Agama dan Pancasila yang terbangun harmonis dalam sistem demokrasi Indonesia terbukti dan diharapkan akan terus mampu menangkal virus radikalisme politik, agama,etnis dan lain sebagainya,” bebernya. 

Untuk itu, Badrutamam sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh siswa-siswanya ini. 

Sementara Staf Kurikulum dan Koordinator Kegiatan, Nova Sulaeman, menambahkan bahwa dalam Profil Pelajar Pancasila terdapat beberapa dimensi dan nilai yang menunjukkan bahwa profil pelajar tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif. 

“Tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia, Berkebhinekaan global, bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif,” jelas Nova Sulaeman. 

Melaui kegiatan ini, sambung Nova, pelajar juga bisa mengamalkan nilai-nilai beragama yang moderat, baik sebagai pelajar Indonesia maupun warga dunia. Nilai moderasi beragama ini meliputi berkeadaban (ta’addub), keteladanan (qudwah), kewarganegaraan dan kebangsaan (muwaá¹­anah), mengambil jalan tengah (tawassuá¹­), dan lain sebagainya. 

Di lain pihak, Humas MAN 1 Kota Sukabumi Dasep Hanan Mubarok mengatakan bahwa kedudukan P5-PPRA merupakan dua nilai yang dalam kegiatannya menjadi satu dan penilaiannya terdeskripsikan masing-masing. 

“Dilaksanakan di dalam kokurikuler yang mengacu pada Dimensi Profil Pelajar Pancasila dan Nilai-nilai P5-PPRA dapat juga dilaksanakan terintegrasi Intrakurikuler, Ko-kurikuler dan Ekstrakurikuler,” tutupnya. 

COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2024

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post