Siswi MAN 1 Kota Sukabumi Raih Prestasi dalam Lomba Tarucing Cakra Poe Basa Indung Sadunya Tingkat Jabar-Banten

Siswi Kelas XI IPS 2 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Sukabumi Ai Saraswati (tengah) menjuarai lomba Tarucing Cakra Poe Basa Indung Sadunya 2024 Tingkat Jawa Barat (Jabar) dan Banten. (Ist)s


KOTA SUKABUMI (SUKABUMINEWS) – Ai Saraswati, seorang siswi kelas XI IPS 2 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Sukabumi, telah meraih prestasi gemilang dalam lomba Tarucing Cakra Poe Basa Indung Sadunya 2024 tingkat Jawa Barat (Jabar) dan Banten. 

Lomba yang diadakan oleh Pusat Digitalisasi dan Pengembangan Budaya Sunda Universitas Pajajaran (UNPAD) pada 21 Februari 2024 tersebut telah mempertunjukkan bakat dan kemampuan bahasa daerah Ai yang luar biasa. 

Prestasi juara pertama yang diraih Ai dalam lomba Tarucing Cakra Poe Basa Indung Sadunya 2024 tingkat Jabar dan Banten ini tak lepas dari bimbingan guru pembimbingnya, Suci Nurul Qoriah, S.Pd. Suci mengungkapkan rasa syukur yang tak terhingga atas pencapaian Ai dalam even tersebut. 

"Alhamdulillah, syukur yang tak terhingga atas pencapaian Ai Saraswati sebagai juara pertama Tarucing Cakra tingkat SMA/setara Jawa Barat edisi PBII Poé Basa Indung Internasional," ujar Suci. 

Suci juga menyampaikan ucapan selamat kepada Ai atas prestasi yang telah diraihnya. Ia berharap prestasi Ai dapat menjadi motivasi bagi teman-temannya untuk melestarikan bahasa daerah di rumah, di sekolah, dan di mana pun mereka berada. "Hurip Sunda! Jaya Sabanda!" tambahnya dengan semangat. 

Kepala MAN 1 Kota Sukabumi, Drs. H. Badrutamam, M.Pd., juga merasa bangga dan bersyukur atas prestasi yang diraih oleh siswanya. Ia mengungkapkan rasa syukur atas keberhasilan Ai sebagai juara pertama Tarucing Cakra Basa Indung Sadunya 2024 tingkat Jawa Barat dan Banten. Badrutamam juga mengapresiasi usaha dan kerja keras siswa serta guru pembimbing Eskul SABANDA yang telah mempersiapkan lomba ini dengan sungguh-sungguh. 

Di sisi lain, Ai Saraswati juga berbagi pengalaman mengikuti lomba tersebut. Ia mengungkapkan bahwa permainan dalam lomba sangat seru dan menantang, sehingga ia harus berpikir lebih keras dalam mengerjakannya. Ai merasa sangat bersyukur, bahagia, dan terima kasih atas penghargaan sebagai juara pertama di antara 1357 peserta lainnya. 

Pencapaian Ai Saraswati dalam lomba Tarucing Cakra Poe Basa Indung Sadunya 2024 tingkat Jabar dan Banten merupakan bukti nyata bakat dan kemampuan siswa MAN 1 Kota Sukabumi. 

Prestasi ini juga menjadi motivasi bagi siswa lainnya untuk terus belajar dan berprestasi dalam bidang yang mereka minati. “Semoga prestasi Ai dapat menginspirasi generasi muda lainnya untuk melestarikan bahasa daerah dan budaya Sunda,” ucapnya. 

COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2024

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post