PM Anwar Meminta PNS Bersabar Menghadapi Kenaikan Gaji

Perdana Menteri (PM) Malaysia, Datuk Seri Anwar Ibrahim meminta PNS bersabar terkait isu kenaikan gaji. [Foto: Dok. BERNAMA] 

sukabumiNews.net, PUTRAJAYA – Perdana Menteri (PM) Malaysia, Datuk Seri Anwar Ibrahim meminta kepada Pegawai negeri sipil (PNS) untuk bersabar terkait isu kenaikan gaji.

Menurutnya, tindakan tersebut perlu dilihat secara komprehensif selain melihat posisi ekonomi serta utang negara.

“Masalah kita utang RM1,5 triliun dan defisit 5,6 persen dan kalau ditambah gaji defisitnya jadi 6,5 persen.

“Jadi mohon bersabar sebentar karena kami sedang berusaha menuangkan hasil yang kami dapat,” ujarnya saat konferensi pers usai menghadiri International Forum on Islamophobia di Putrajaya, belum lama ini.

Lebih jauh Anwar mengatakan, persoalan kemiskinan ekstrem juga perlu diprioritaskan sejalan dengan upaya pemerintah untuk menyoroti persoalan tersebut.

"Bukankah penting kita menyelamatkan orang miskin yang keras kepala yang lebih buruk dari semua pekerja yang ada?

“Bagi saya, petani padi, petani karet, dan nelayan semuanya adalah orang miskin karena sulit untuk hidup,” ujarnya.

Baru-baru ini, Kongres Serikat Pekerja dalam Layanan Publik (Cuepacs) mengungkapkan kekecewaan ketika Anggaran 2023 yang baru diajukan dianggap tidak dapat menyelesaikan tekanan biaya hidup yang dihadapi oleh pegawai negeri.

Bahkan, Presidennya Datuk Adnan Mat menyebut, belum ada komitmen yang diberikan pemerintah untuk mengevaluasi kembali sistem remunerasi baru pelayanan publik melalui model gaji dan upah yang mampu meningkatkan pendapatan PNS, sehingga lebih baik daripada kenaikan biaya hidup.

BACA Juga: PM Ajak Pegawai Negeri Bawa Perubahan bagi Negara

Astro Awani/Hilmi Malik
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINBEWS 2023

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post