Berupaya Perkuat Ekonomi Masyarakat, Pemkot Sukabumi Latih Kaum Muda Jadi Usahawan Baru

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi usai membuka Program Sukabumi Kece untuk melatih kaum muda menjadi wirausahawan baru. [sukabumiNews/Diskominfo Kota Sukabumi]  

sukabumiNews.net, KOTA SUKABUMI – Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) terus berupaya memperkuat perekonomian masyarat. 

Seperti yang dilakukannya saat ini. Melalui program Sukabumi Kelurahan Enterpreneurship Centre (Sukabumi Kece) angkatan kedua, Pemkot Sukabumi melatih kaum muda untuk menjadi wirausahawan baru. 

“Sukabumi Kece kita harapkan akan mempercepat recovery pasca pandemi yang kita alami tiga tahun terakhir,” ucap Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi kepada wartawan, usai membuka pelatihan Sukabumi Kece angkatan kedua yang dimulai pada 30 Mei 2023 bertempat di SMK Negeri 3. 

Dikatakan Fahmi bahwa program pelatihan angkatan kedua ini merupakan program Pemkot Sukabumi untuk melatih kaum muda menjadi wirausahawan baru. 

“Tentunya kita ingin ekonomi sukabumi tetap kuat dikarenakan banyaknya wirausaha baru,” tuturnya. 

Wali Kota menjelaskan, program Sukabumi Kece lahir dari sebuah kekhawatiran yakni semakin banyaknya lulusan SMA dan SMK serta sarjana namun tidak sebanding dengan kemampuan daya serap dunia kerja. 

Terlebih, kata dia, dalam tiga tahun terakhir kondisi tersebut diperburuk akibat pandemi covid-19. 

“Oleh karena itu melalui program ini diharapkan generasi muda yang baru lulus dalam pendidikannya memiliki keinginan untuk berwirausaha bahkan mampu menyediakan lapangan tenaga kerja,” jelasnya. 

"Intinya pelatihan wirausaha melalui Program Sukabumi Kece ini merupakan bagian dari program andalan Pemkot Sukabumi untuk memperkuat perekonomian masyarakat, terutama pada masa pemulihan pasca-pandemi COVID-19," tegasnya. 

Dengan semakin banyaknya wirausahawan, ia optimistis ekonomi Kota Sukabumi semakin kuat. 

Apalagi menurutnya, keberadaan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sangat membantu pemerintah untuk mempercepat meningkatkan perekonomian khususnya daerah dampak dari pandemi yang berkepanjangan. 

BACA Juga: Pemkot Sukabumi Berupaya Cetak Pengusaha Baru Melalui Pelatihan Sukabumi Kece

Pewarta: Sultan
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2023

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post