Presiden Erdogan dan El Sisi Sepakati Pemulihan Hubungan Diplomatik

Presiden Erdogan (Sumber: Presidency of The Republic of Turkiye), Abdel Fattah El Sisi (Wikimedia Commons/MSC Hildenbrand). [Kolase-VOI]  

sukabumiNews.net, MESIR – Presiden Mesir Abdel Fattah El Sisi dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyepakati "segera dimulainya peningkatan hubungan diplomatik, pertukaran duta besar."

Demikian diungkapkan Kantor Kepresidenan Mesir dalam sebuah pernyataan, Senin (29/5) kemarin.

Presiden El Sisi berbicara dengan Presiden Erdogan melalui sambungan telepon, untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya dan terpilih kembali sebagai presiden, melansir Reuters, Selasa (30/5).

Sementara itu, Direktorat Komunikasi Kepresidenan Turki mengatakan, Presiden El Sisi yang menelpon Presiden Erdogan, seperti dikutip Daily Sabah.

Dalam kesempatan tersebut, kedua pemimpin juga membahas berbagai isu, termasuk ekonomi dan langkah-langkah yang harus diambil untuk memperdalam hubungan Turki-Mesir, serta mengatasi masalah-masalah regional.

Presiden El Sisi termasuk salah satu pemimpin yang menelepon Presiden Erdogan setelah gempa bumi, menyampaikan belasungkawa kepada para korban gempa.

Diketahui, hubungan diplomatik antara Turki dan Mesir berlangsung di tingkat kuasa usaha, sejak kudeta militer Mesir yang menggulingkan almarhum Presiden Mohammed Morsi tahun 2013.

Sejarah Mesir yang terkait dengan dominasi Ottoman di Turki, membuat kedua negara yang berada di seberang Laut Mediterania ini tetap dekat selama berabad-abad.

Hubungan diperbaharui pada tahun 1925, ketika Republik Turki yang masih muda menjalin hubungan diplomatik dengan Kairo pada tahun 1925, tetapi butuh lebih dari dua dekade sebelum Turki menunjuk seorang duta besar untuk Mesir.

Setelahnya, hubungan kedua negara pada umumnya stabil kecuali untuk beberapa periode penangguhan pada tahun 1960-an, dan mencapai puncaknya ketika Morsi terpilih sebagai presiden pada tahun 2012.

Setelah Morsi digulingkan, Turki tetap menjalin hubungan dengan Kairo sebelum menurunkan hubungan diplomatik pada tahun 2013, namun hubungan ekonomi mayoritas tidak terganggu. (VOI)

BACA: Pidato Kemenangan Erdogan: Kami Tidak Akan Biarkan Pasukan LGBT Menang

Red*
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2023

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post