Disaksikan Bupati Sukabumi, Ketua DPRD dan Hergun, BI Serahkan PSBI ke Desa Waluran

Disaksikan oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami (kanan), Anggota DPR RI Heri Gunawan (kedua dari kiri), Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara (kedua dari kanan), BI melaui Kepala Perwakilan BI Jabar Erwin Gunawan (ketiga dari kanan) menyerahkan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada Desa Waluran, Kamis (26/1/2023). [Foto: Istimewa] 

sukabumiNews.net, KAB. SUKABUMI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi bersama Bank Indonesia terus bersinergi mendorong pengembangan ekonomi, literasi, industri, dan akses jasa keuangan.

Salah satunya melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa Pendopo Hanjeli, Toilet, sarana Sumber Air, sarana Budidaya Perikanan, dan sarana Peningkatan Produksi kepada sembilan UMKM di Desa Waluran Mandiri Kecamatan Waluran, Kabupeten Sukabumi.

Penyerahan program oleh BI kepada Desa Waluran Mandiri tersebut disaksikan oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara dan Anggota DPR RI, Heri Gunawan atau Hergun pada Kamis (26/1/2023).

Kepala Perwakilan BI Provinsi Jabar Erwin Gunawan mengatakan, PSBI merupakan salah satu wujud nyata dedikasi Bank Indonesia untuk negeri, sekaligus kepedulian peningkatan dalam kapasitas peningkatan ekonomi melalui sarana prasarana, utamanya kepada kelompok UKM dan Ponpes yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Dikatakan Erwin, ada lima rekomendasi ketahanan pangan yang menjadi capaian program Bank Indonesia dalam pemulihan dan kebangkitan perekonomian Jawa Barat pasca pandemi covid-19.

“Kelima rekomendari itu yaitu membangun optimisme masyarakat dan pelaku ekonomi, menjaga ketertiban dan pasar, mendorong bergeraknya sektor ekonomi utama, mendorong daya beli masyarakat, dan mendorong percepatan digitalisasi ekonomi,” jelas Erwin.

Erwin menyebut, Kabupaten Sukabumi memiliki banyak potensi sumber daya alam, seperti pertanian, perikanan, maritim hingga pariwisata.

“Maka dari itu, BI akan mendorong potensi tersebut menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru, dan meningkatkan ketahanan pangan dalam menjaga serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus sebagai antisipasi potensi tekanan inflasi,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengaku bersyukur atas project yang diberikan Bank Indonesia Jawa Barat untuk Kabupaten Sukabumi.

"Ini adalah jawaban yang diharapkan presiden RI untuk pengungkit ekonomi di daerah semakin terwujud," ucap Marwan.

Oleh karenanya, Bupati Marwan mengapresiasi atas kolaborasi yang diharapkan untuk membangun 47 Kecamatan, 381 Desa dan 5 Kelurahan di wilayah pemerintahan yang dipimpinnya.

"Kami yakin, penyerahan program BI Jabar ini bisa memajukan dan mewujudkan sumberdaya manusia yang unggul," pungkas Marwan.

Pewarta: Prim RK
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2023

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post