Presiden Jokowi akan Segera Bubarkan 18 Lembaga

Presiden Jokowi (Foto dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)

sukabumiNews.net, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui akan membubarkan 18 lembaga negara dalam waktu dekat. Ia beralasan pembubaran lembaga ini  untuk menekan anggaran agar bisa dikembalikan ke kementerian maupun ke bagian direktorat.

"Dalam waktu dekat ini ada 18,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/07/2020).

"Semakin ramping organisasi ya cost-nya kan semakin bisa kita kembalikan. Anggaran, biaya. Kalau pun bisa kembalikan ke menteri kementerian, ke dirjen, direktorat, direktur, kenapa kita harus pake badan-badan itu lagi, ke komisi-komisi itu lagi," sambungnya.

Jokowi ingin agar lembaga negara yang ada dapat dibuat seefisien mungkin supaya pemerintahan bisa bergerak lebih cepat.

"Saya ingin kapal itu sesimpel mungkin sehingga bergeraknya menjadi cepat. Organisasi ke depan kira-kira seperti itu," tandasnya.

"Bolak-balik kan saya sampaikan, negara cepat bisa mengalahkan negara yang lambat. Bukan negara gede mengalahkan negara yang kecil, enggak. Kita yakini," imbuhnya.

Beberapa waktu lalu Jokowi mengancam akan melakukan perombakan kabinet atau reshuffle para menteri. Ia juga tak segan untuk membubarkan lembaga negara.
Rencana ini juga sempat disinggung Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo. Tjahjo menyebut ada banyak lembaga negara yang potensial untuk dibubarkan oleh pemerintah.

BACA : Jokowi Marah dan Ancam Reshuffle Kabinet, Tengku Zulkarnain: Tetap Aja Bakal Nyungsep

Pewarta : DM
Editor : Red.
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post