Kampanyekan Kebersihan Sungai, Pemkot Sukabumi Gelar Festival Walungan

Wali Kota Sukabumi
Wali Kota Sukabumi bersama masyarakat Subang Jaya menabur ratusan ikan di Sungai Cisuda, Jum'at (2/8/2019).*  
sukabumiNews, CIKOLE – Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi bersama Kelurahan dan warga Subang Jaya RW 01 Kecamatan Cikole menggelar peringataan Hari Sungai Nasional. Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga kebersihan aliran sungai.

Kegiatan yang dilaksanakan Pemkot Sukabumi dengan melibatkan warga dalam acar Festival Walungan Cisuda yang digelar di RW 01, Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole pada Jumat (2/8/2019) ini mengawali bulan Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019.

Dalam kegiatan ini aparat kelurahan bersama warga menggelar acara yang dikemas dengan Festival Walungan Sungai Cisuda yang bertajuk dari tanah yang terbelah amankan, selamatkan, bebaskan.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengawali kegiatan ini dengan membuka membuka tirai gapura yang bertuliskan " Selamat Datang di Wilayah Konservasi Sungai Cisuda ". Dilanjut dengan penampilan teater aliansi yang berjudul “Dari Tanah yang Terbelah”. Diteruskan dengan penaburan ratusan ikan di sungai cisuda dan penanaman bibit pohon produktif, serta pelepasan ratusan burung pipit.

‘’Pemkot memberikan apresiasi kepada masyarakat karena kesadaran ini tumbuh dari warga,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi disela-sela kegiatan, Jumat (2/8).

Menurut Wali Kota Sukabumi, Festival Walungan merupakan kegiatan yang cukup unik yang dikemas oleh teman-teman Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI).

Dijelaskan Fahmi kerusakan baik didarat maupun dilautan pasti penyebabnya manusia. Oleh sebab itu lanjut Fahmi, Pemkot berupaya memperbaiki ekosistem. “Maka yang harus turun adalah manusia dan saat ini bukan waktunya lagi saling menyalahkan siapa yang menyebarkan sampah, tetapi mari sama-sama beraksi untuk Kota Sukabumi yang kita cintai,'' lanjutnya.

Fahmi menuturkan sering terjadinya kerusakan lingkungan menjadi tugas manusia melakukan perbaikan dengan mengandalkan upaya kolaborasi, kebersamaan, kontribusi untuk menyelesaikan masalah.

Kegiatan Festival Walungan ini akan dijadikan percontohan di wilayah lain, dan akan menjadi inspirasi wilayah lain untuk terus beraksi dalam rangka pembangunan Kota melalui sarana prasarana dan potensi yang ada. " Mudah- mudahan warga masyarakat tetap konsisten, untuk menjaga wahangan cisuda ini," tutup dia.
Pewarta: Telly NR.
Editor: Red.
Copyright © SUKABUMINEWS 2019

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post