Bahas Perundingan Damai Suriah, Ternyata PBB Undang Iran

SEKRETARIS Jenderal PBB, Ban Ki-moon dilaporkan telah mengundang Iran untuk mengambil bagian dalam pembicaraan damai Suriah awal pekan ini di Swiss. Negara ‘basis’ ajaran Syi’ah yang merupakan sekutu Bashar Assad ini dikabarkan telah menerima undangan tersebut.

Ban mengatakan ia menjamin bahwa Iran akan memainkan peran positif dalam mengamankan pemerintahan transisi Suriah.

Pada Ahad (19/1/2014), Ban mengatakan bahwa Menlu Iran, Mohammad Javad Zarif telah berjanji bahwa Teheran akan memainkan peran “positif dan konstruktif ” dalam pembicaraan damai di Montreux, Swiss.

“Seperti yang saya katakan berulang kali, saya sangat percaya bahwa Iran harus menjadi bagian dari solusi untuk menyelesaikan krisis Suriah,” kata Zarif.

Namun, kelompok pejuang pembebasan Suriah mengancam akan menarik diri dari pembicaraan damai, kecuali PBB mencabut tawaran keikutsertaan Iran dalam konferensi yang akan menentukan nasib Suriah ke depannya tersebut.

Dalam akun Twetternya, juru bicara kelompok pejuang Suriah, Louay Safi menulis “Koalisi pejuang Suriah mengumumkan bahwa kami akan menarik diri dari perundingan, kecuali Ban Ki -moon mencabut undangan untuk Iran.” [sukabuminews/sm/islampos/bbc]

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post