Beras Bangsa Indonesia untuk Ramadhan di Palestina


Stok pangan untuk sekitar satu juta warga Palestina di Gaza diperkirakan akan habis pada Juni esok.

Alokasi dana internasional untuk badan PBB UNRWA saat ini telah diputus. Di sisi lain, belum ada solusi optimal yang diantisipasi UNRWA untuk menutupi kebutuhan dana tahun ini sebesar 200 juta US dollar.

"Jadi jika Anda tiba-tiba tidak memiliki kepastian tentang jumlah bantuan makanan dari PBB untuk satu juta orang. Anda dapat membayangkan efek apa yang akan terjadi," ujar Pierre Kraehenbuehl, kepala UNRWA dilansir Republika.

Melihat permasalahan pangan yang selalu menjadi momok utama bagi warga Palestina, ACT atas telah memberikan perhatian khusus terhadap kebutuhan ketersediaan pangan bagi warga Palestina. Itulah mengapa sejak awal tahun 2018, ACT mencanangkan program Kapal Kemanusiaan Indonesia untuk Palestina: Melayarkan 10.000 ton beras.

Bermodal mimpi dan komitmen besar, 21 Februari 2018, tahap pertama pengiriman Kapal Kemanusiaan berhasil diwujudkan. Sebanyak 2.000 ton beras dikirim dari Terminal Petikemas, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Dengan berlayarnya Kapal Kemanusiaan, hal ini menandakan besarnya kepedulian bangsa Indonesia dalam merespons krisis kemanusiaan yang menimpa masyarakat Palestina.

Sekitar 1 bulan, atau pada tepatnya di 26 Maret 2018, Kapal Kemanusiaan Palestina berhasil berlabuh di Pelabuhan Ashdod, Israel. Pelabuhan ini adalah satu-satunya gerbang terdekat untuk membawa beras masuk sampai ke Gaza. Memanfaat celah mekanisme komersil dan izin ekspor, beras pun akhirnya dapat dikirim dari Israel menuju Gaza. Dari pelabuhan, perjalanan dilanjutkan melalui darat dengan menggunakan truk.

Butuh sekitar 10 hari kerja untuk mengirim semua beras dari pelabuhan secara bertahap melintasi gerbang Kerem Shalom. Pada akhirnya, 9 April 2018, 2.000 ton beras Indonesia berhasil tiba di gaza dan dipersiapkan untuk dibagikan. Diharapkan 2.000 ton beras ini bisa menjangkau lebih dari 80.000 keluarga di Gaza.

2.000 ton beras memang belum mampu menjawab seluruh kebutuhan yang diperlukan saudara kita di Palestina, namun hal ini menunjukkan kepedulian Bangsa Indonesia kepada perjuangan masyarakat Palestina. Terlebih dengan ramadhan yang akan bergulir.

Dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi Bangsa Indonesia ketika ada nasi-nasi terbaik Indonesia menjadi santapan sahur dan berbuka bagi saudara-saudara mulia kita di Palestina.

#LetsSavePalestine
#BeriPalestinaRamadhanTerbaik


Mari berikan bantuan terbaik kita dengan berdonasi melalui laman ini.
Cara Berdonasi:
1. Klik "DONASI SEKARANG"
2. Pilih Bank Transfer Mandiri/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI dan kartu kredit
3. Dapat laporan via email
Bantu share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan bantuan yang terkumpul.

Semoga bantuan yang Sahabat berikan menjadi amal sholeh dan pemberi jalan keberkahan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post