Ahmad Mujadid : Empat Kriteria yang Harus Dipersiapkan Kades dan Stafnya Dalam Menjalankan APBDes

sukabumiNews, CIKEMBANG - Setda Kabupaten Sukabumi bersinergi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPMD) Kabupaten sukabumi  dalam rangka disemenasi penyusunan APBDes dengan tema Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan untuk Sukabumi Lebih Baik.

Selain dihadiri oleh Kepala Bidang Keuangan dan Aset Desa DPMD Kabupaten Sukabumi, Ahmad Mujadid, S.Ip. M.Si selaku nara sumber, acara yang dilaksanakan di aula Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi pada Kamis (28/12/17) itu dihadiri oleh 200 peserta, termasuk didalamnya para Kades, Sekdes dan staf Desa di Kabupaten Sukabumi.

Pada acara itu Ahmad Mujadid memberikan arahan terkait 4 kriteria yang harus dipersiapkan para Kades dan Stafnya dalam menyusunan APBDes tahun 2018, agar sesuai dengan  perdes yang telah di buat serta tepat sasaran.

"Saya di undang dalam acara ini untuk memberikan informasi dalam merangka penyusunan APBDes tahun 2018 dan memberikan arah kebijakan kepada para kepala desa jangan sampai ketika memberikan ataupun menyusun APBDes tidak berdasarkan kewenangan desa,” kata Ahmad Mujadid kepada sukabumiNews.

Ada 4 kriteria,  jelas dia, yang harus dipersiapkan para Kades dan Stafnya dalam menjalankan APBDes.  “Pertama, tepat waktu, yang kedua tepat sasaran, ke 3, tepat kegiatan, dan yang ke 4 adalah tepat anggaran dan lokasi,” terang dia.

Intinya, lanjut Mujadid,  bahwa desa sebelum menyusun APDes, harus di buat dulu perdes  kewenangan desa dan asal usul desa.

“Jadi mereka harus tahu setiap kewenangan yang di laksanakan desa tersebut. Dan segala kegiatan apa pun harus berdasarkan asal usul desa, " tutur kabid DPMD itu.


Pewarta: Aep Saepudin
Editor: A. Malik AS

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post