Tahun Depan, PDAM TJM Luncurkan Program Penambahan Sumber Air

sukabumiNews, CIDAHU - PDAM Tirta Jaya Mandiri (TJM) Kabupaten Sukabumi menyiapkan program penambahan sumber air untuk meningkatkan kapasitas air bersih untuk disalurkan kepada para pelanggan. Cakupan wilayah program ini meliputi empat kecamatan  yakni Cidahu,  Parungkuda, Kecamatan Parakansalak, dan Kecamatan Bojonggenteng.

"Dari empat kecamatan itu dipilih beberapa desa yang dijadikan target program penambahan sumber air. Pelaksanaannya pada tahun 2017," kata Direktur Utama PDAM TJM Kabupaten Sukabumi, H. Kamaludin Zein pada acara sosialisasi program tahun 2017 di aula Kantor Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi beberapa waktu yang lalu.

Program tersebut diluncurkan sebagai bentuk antisipasi meningkatnya permintaan masyarakat terhadap air bersih. Perusahaan daerah yang dipimpinnya, tambah dia, harus menyesuaikan kapasitas produksi air bersih dengan naiknya jumlah pelanggan. Program penambahan sumber air bersih diproyeksikan untuk menjawab kondisi jumlah pelanggan yang terus bertambah.

"Untuk mewujudkan program ini, kami memanfaatkan beberapa sumber air antara lain  sumber air Cibuntu dan sumber air Cipanas  di Kecamatan Cidahu," ujar Kamaludin.

Prasyarat untuk memulai program penambahan sumber air adalah pembebasan lahan oleh Pemkab Sukabumi. Saat ini, kedua lokasi sumber air itu berstatus sebagai milik perorangan dan milik perusahaan swasta.

Dana untuk membiayai program tersebut, lanjutnya,  berasal dari APBN, APBD Kabupaten Sukabumi, dan PDAM TJM sendiri. Rencananya lelang akan dilaksanakan pada awal tahun sehingga sebelum melewati pertengahan tahun 2017, realisasi dari program sudah pada tahap pemasangan pipa.

"Kami yakin program ini dapat dilaksanakan dan direalisasikan sesuai jadwal yang telah kami tetapkan," kata Dirut PDAM TJM. (Reporter: Adit)

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post