Bappeda Kota Sukabumi Catat Tahun 2023 Sebanyak 488 Inovasi Tersebar di Berbagai SKPD

Kepala Bappeda Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah bersama para utusan SKPD di acara Bimtek Pelaporan Indeks Inovasi Daerah. [sukabumiNews/Diskominfo Kota Sukabumi]  

sukabumiNews.net, KOTA SUKABUMI – Litbang Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi mengklaim, pada tahun 2023 pihaknya telah mendata sebanyak 488 inovasi tersebar di berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Hal itu diungkapkan Kepala Litbang Bappeda Kota Sukabumi, Banyu Citra Anggara kepada wartawan di sela-sela kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) Pelaporan Indeks Inovasi Daerah yang berlangsung di Hotel Balcony Kota Sukabumi, Senin (5/6/2023).

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Bappeda Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah, sekaligus yang membuka kegiatan, serta para utusan SKPD Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Bayu juga menyampaikan bahwa pelaporan inovasi akan dimanfaatkan sebagai cara untuk mengevaluasi inovasi yang sudah dilakukan untuk memastikan tingkat keberhasilannya.

“Ini merupakan sebuah upaya dalam rangka melaporkan inovasi kepada Pemerintah Pusat sesuai amanat peraturan perundang-undangan. Kita lakukan hari ini adalah memberikan pemahaman bagaimana melaporkan inovasi yang dimiliki SKPD, termasuk juga dalam rangka mengevaluasi inovasi yang sudah ada, untuk memastikan keberhasilannya,” jelas Bayu.

Ia pun menambahkan bahwa pada tahun 2023 pihaknya telah mendata sebanyak 488 inovasi tersebar diberbagai SKPD.

“488 inovasi itu terdiri dari 126 inovasi ditingkat perangkat daerah, 28 inovasi kecamatan, 98 inovasi kelurahan, 167 inovasi Puskesmas, 67 inovasi lembaga pendidikan dan 2 inovasi dari BUMD,” ungkap Bayu.

Dikatakan Bayu bahwa seluruh inovasi tersebut akan dilaporkan dan dievaluasi sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan dan hal ini merupakan realisasi misi ke-4 RPJMD yakni mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan inovatif.

“Tujuan kita satu (yakni) bagaimana mewujudkan Kota Sukabumi yang lebih baik melalui inovasi daerah,” tutupnya.

Sementara Kepala Bappeda Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Pemerintah mendorong setiap SKPD untuk melahirkan inovasi dalam pelaksanaan tugas mereka.

Menurut Reni, dorongan tersebut sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta mempercepat laju pembangunan yang diharapkan berujung pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

“Bimtek ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menghimpun setiap inovasi yang telah dilakukan SKPD agar diketahui serta dapat dilaporkan kepada Pemerintah Pusat,” jelas Reni.

Red*
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2023

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post