Bendungan Alam Bali Silau Maraja Jebol, 300 Ha Persawahan Gagal Tanam Padi

Bendungan Alam Bali Silau Maraja Jebol, 300 hektar ladang persawahan persawahan gagal tanam padi. [Foto: ZN]  

sukabumiNews.net, ASAHAN (SUMUT) – Bendungan Alam Bali yang terletak di Dusun I Desa Silau Maraja, Kecamatan Setia Janji, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut), jebol. Akibatnya, 300 hektar ladang persawahan gagal tanam padi.

Guna mengantisifasi ancaman gagalnya tanam padi terus-menerus, para petani mengalihkan fungsi menanami sawahnya dengan tanaman jagung dan cabai.

Para petani berharap, pemerintah daerah segera menyelasaikan perbaikan bendungan Alam Bali yang jebol pada bulan Desember tahun 2022 lalu itu.

Seperti yang diungkapkan Purba, warga Dusun I Desa Silau Maraja. Harapan serupa juga dikatakan Kek Suswan (65) warga Dusun III.

Menurut Kek Suswan, jaringan irigasi sepanjang 5 kolo meter tersebut tidak berfungsi lantaran sudah lama jebol akibat intensitas curah hujan pada bulan Desember 2022 lalu cukup tinggi.

“Irigasi tersebut bisa mengaliri 300 hektar ladang persawahan masyarakat,” ucap Kek Suswan kepada sukabumiNews.net, Senin (22/5/2023).

Sementara, warga Dusun I Desa Silau Maraja, Purba menuturkan, bendungan yang berbatasan dengan Kabupaten Simalungun itu kini sedang dalam perbaikan oleh Dinas PUPR Kabupaten Asahan bekerjasama dengan Pemerintahan Desa setempat.

“Untuk penanggulangan darurat, Dinas PUPR Asahan telah menurunkan ekskavator (alat berat),” tuturnya.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Kabupaten Asahan, Herianto Sijabat. 

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Kabupaten Asahan, Herianto Sijabat saat dikonfirmasi di ruang kerjanya membenarkan bahwa tidak berfungsinya jaringan irigasi Alam Bali akibat Jebol lantaran intensitas curah hujan pada bulan Desember 2022 lalu itu cukup tinggi.

“Dan sekarang sedang kita sedang perbaiki. Itu kan penanggulangan darurat sebetulnya. Jadi itu gawenya BPBD,” ujar Herianto Sijabat.

Harianto meminta Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) supaya segera membantu mengalokasikan anggaran untuk penanganan tanggul atau bendungan yang jebol di desa tersebut.

Pewarta: ZN
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2023

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post