Ratusan Miniatur Bonsai akan Ditampilkan di Pameran Bonsai Pajampangan

Lokasi akan degelarnya pameran bonsai pajampangan
Lokasi akan digelarnya pameran Bonsai Pajampangan Sukabumi

sukabumNews.net, SURADE – Komunitas Bonsai Pajampangan-Sukabumi (KBPS) saat ini tengah mempersiapkan fasilitas bagi berbagai lintas penghobi bonsai yang akan mengikuti ajang pamer bonsai.

 

Pamer berbagai miniature bonsai ini rencananya akan digelar di lapang Lodaya Setra, Surade Kabupaten Sukabumi pada tanggal Jumat 25 September 2020.

 

Ketua Panita acara Pameran Bonsai Pajampangan Sukabumi yang juga ketua KBPS, Hikmat Gumelar, acara ini sekaligus akan menyosialisasikan budidaya penanaman bahan bonsai yang baik untuk perbanyakan atau regenerasi pohon.

 

“Karena pohon Bonsai selain bernilai ekonomi tinggi,  juga mampu merangsang minat dan kreatifitas para pemula. Dan nantinya, mereka juga diharapkan dapat menjadi pemasok bahan Bonsai, baik untuk skala lokal maupun ekspor,” ucap Hikmat Gumelar.

 

Adapun para dewan juri pada pameran ini, kata Hikmat yaitu dari Komunitas Bonsai Sukabumi (KOSMI), Persatuan Pecinta Bonsai Indonesia PPBI.

 

Acara ini juga kata Hikmat, didukung oleh Lembaga, Komunitas dan unsur pemerintah seperti Forkomincam Surade, TNI, Polri, KOK, KNPI, Karang Taruna, Tokoh pemuda, Komite Linkungan Hidup Indonesia (KPLHI) dan Komunitas Wartawan Sukabumi (KOWASI), serta profesi lainnya.

 

“Peserta yang sudah mendaptarkan diri kali ini yaitu sekitar 200 peserta dari Kecamatan Surade, Kecamatan Jampangkulon, Cibitung, Tegalbuleud, Ciracap,  Ciemas, Cidolog dan Sagaranten, juga wilayah Pajampangan lainnya,” terang Ketua Panitia.

 

Hikmat juga mengatakan, selain diikuti oleh peserta dari seluruh wilayah pajampangan, ada juga dari Kecamatan Palabuanratu dan Kota Sukabumi. “Bahkan ada juga yang Bogor, Cianjur dan Bandung,” tuturnya.

 

Lebih lanjut Keta KBPS ini menjelaskan, selain menampilkan keunikan, kemewahan dari berbagai karakter pohon, pameran ini juga sekaligus menyosialisasikan serta pengawasan terhadap penyalah gunaan pohon yang wajib dilesatarikan dan dilindungi secara partisipatif.

 

“Ini sekaligus untuk memberikan pemahaman kepada para penghobi dan peserta terkait tugas, wewenang serta fungsi Bonsai itu sendiri, serta penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa,” imbuhnya.


Mengenal Cabup Sukabumi dari kalangan Kiyai 


Pewarta: My Kuncir

Editor: Red.

COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post