Di Tengah Pandemi Corona, Ponpes Dzikir Al Fath Didik Santri dengan Program Sandaran

KH. Fajar Laksana, Pimpinan Ponpes Al-Fath Gunungpuyuh Kota Sukabumi. 
sukabumiNews.net, GUNUNG PUYUH – Banyak cara masih bisa dilakukan untuk mengisi bulan Ramadahan di tengah pandemi Virus Corona dengan berbagai kegiatan tanpa mengurangi gebyar ibadah di bulan suci tersebut. Salah satunya dengan program SANDARAN yang dilakukan Ponpes Dzikir Al-Fath.

SANDARAN (Sanlat Daring Ramadhan) adalah program yang dilaksanakan oleh Ponpes Dzikir Al-Fath Gunungpuyuh Kota Sukabumi dalam mengisi pendidikan kepada para santrinya di Bulan Ramadahan 1441 Hijriyah di tegah wabah Corona dalam bentuk Pesantren Kilat Jaringan (Daring/Online).
Pimpinan Ponpes Dzikir Al Fath Kota Sukabumi KH. Fajar Laksana menjelaskan bahwa Program Sandaran (Sanlat Daring Ramadhan) diperuntukan bagi Lembaga Pendidikan di bawah Yayasan Al Fath, mualai dari tingkat SD/sederajat hingga SMA/sederajat, serta Maha Santri Ponpes Dzikir Al Fath.

"Banyak cara untuk tetap ngaji, salah satunya melalui Media Sosial. Pengajian  digelar Secara Online selama Bulan Ramadhan melalui Kanal Youtube, dan Website setiap Lembaga Pendidikan Yayasan Al Fath. Selain Santri, kegiatan Ngaji Online juga bisa diikuti oleh seluruh masyarakat secara umum dalam rangka mengisi Bulan Suci Ramadhan,” ujarnya kepada sukabumiNews, Ahad (26/4/2020).

Menurut KH. Fajar, Puasa di Bulan Suci Ramadhan adalah kewajiban bagi orang-orang yang beriman sebagaimana Firman Allah SWT dalam Q.S Al Baqoroh ayat 183. Selain itu, lanjut dia, di Bulan Ramadhan pula diturunkan Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia, serta pembeda antara yang Haq (benar) dan yang Batil (salah).

Dijelaskannya bahwa program SANDARAN selama Bulan Suci ini akan erat kaitannya dengan Kajian-Kajian Al-Qur'an, karena diturunkan dari Al-Qur'an sesuatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang beriman, sebagaimana Firman Allah SWT dalam Q.S Al Isra ayat 82.

"Mudah-mudahan Kajian Al Qur'an, Tadarus Al Qur'an menjadi Penawar Pandemi Wabah Corona saat ini," tutupnya.
Pewarta : Gilang R
Editor : Azis R/Red*
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post