Gelar Kejuaraan Pencak Silat, YKPP Bandung Berikan Beasiswa kepada Pesilat Berprestasi

Kejuaraan Silat YKPP Bandung
Para Pesilat siap tanding. (FOTO: dok. Infobdg)  
sukabumiNews, BANDUNG – Uneversitas Sangga Buana (USB) Yayasan Kesejahteraan Perumahan Prajurit (YKPP) Bandung menggelar Kejuaraan Pencak Silat tingkat pelajar Fourteenagers Open Championship 2020 di Kota Bandung.

Kejuaraan Pencak Silat yang diselenggarakan oleh USB YKPP Bandung selama tiga hari, mulai Kamis (13/2/2020) hingga Sabtu (15/2/2020) ini digelar di Gedung Serba Guna (GSG) USB YPKP, Jalan PH. H. Mustofa, Kota Bandung, Jawa Barat, mulai Kamis (13/2/2020) hingga Sabtu (15/2/2020).

Di samping memperebutkan piala bergilir Walikota Bandung, Universitas YPKP juga akan memberikan beasiswa kepada 10 orang yang berprestasi pada kejuaraan tersebut, dengan total 500 juta rupiah.

BACA Juga: Lestarikan Seni Budaya Sunda, Puluhan Paguron Hadiri Milangka Mustika Putra Pasundan

Rektor YPKP Bandung Dr. H. Asep Effendi, SE., MSi. menyatakan rasa bangganya sebab pencak silat sebagai salah satu kebudayaan Indonesia, kini telah mendapat pengakuan internasional.

“Pencak silat ini kan sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda dunia asal Indonesia, sehingga kejuaraan ini menjadi salah satu upaya kita melestarikan pencak silat. Dari sisi prestasi pun tidak kita kesampingkan sehingga kejuaraan ini pun cukup kompetitif,” ujar Asep saat ditemui di sela-sela kejuaraan, Kamis (13/2/2020).

Asep Efendi sangat mendukung gelaran kejuaraan pencak silat yang diadakan di USB YPKP ini. Menurutnya kejuaraan tersebut akan menciptakan insan yang berprestasi dalam bidang olahraga, serta didampingi kualitas akademik yang bersertifikat sarjana.

Dia menjelaskan, kejuaraan bertajuk Fourteenagers Open Championship 2020 ini merupakan kolaborasi Ikatan Alumni SMPN 14 Bandung angkatan 1994, Universitas Sangga Buana, dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bandung.

BACA Juga: Tim Putri Pencak Silat Srikandi Ponpes Darunnur Pasuruan Sumbangkan Piala Perunggu pada Pospenas VIII/2019

Asep yang juga merupakan Ketua Ikatan Alumni SMPN 14 Bandung ini mengungkapkan bahwa Kejuaraan diikuti oleh 43 kontingen pelajar SD, SMP, dan SMA dari berbagai perguruan silat di wilayan Kota Bandung dan sekitarnya.

“Dari 339 atlet yang ikut serta, terdiri dari 216 atlet putra dan 123 atlet putri mulai SD sampai SMA,” tambahnya.

Sementara itu Wali Kota Bandung Yana Mulyana berharap, gelaran ini akan melahirkan atlet-atlet muda berbakat yang bisa turut mengharumkan nama Kota Bandung.

“Mudah-mudahan semakin banyak lahir atlet-atlet yang berbakat untuk bisa mengikuti nanti single event ataupun multi event tingkat regional, nasional bahkan internasional,” tandasnya.

BACA Juga: Warga Belgia Lakukan Studi Banding Seni Bela Diri di Ponpes Dzikir Alfat

Pewarta: Novi Gumilar
Editor: Red.
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post