Sekda Dukung Sinergitas BPBD-Yonif 310/KK Perkuat Relawan Bencana

Yonif 310/KK bersama relawan BPBD
Sekda Kab. Sukabumi H. Iyos Somatri (kedua dari kiri) dan Danyonif 310/KK, Letkol Infanteri Ageng Wahyu Romadhon bersama para peserta Pelatihan Dasar Petugas Penaggulangan Bencana (PDPB) Kabupten Sukabumi. (FOTO: Azis R/sukabumiNews)*
sukabumiNews, CIKEMBAR - Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri mendukung sinergitas yang dibangun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dengan Batalyon Infanteri 310/Kidang Kencana untuk memperkuat kesiapan mental dan fisik peserta Pelatihan Dasar Petugas  Penanggulangan Bencana (PDPB) di Kabupten Sukabumi.

"Ini yang selama ini kami harapkan, ada sinergi yang dapat membentuk mental dan fisik serta kesiapsiagaan para relawan penangulangan bencana di Kabupaten Sukabumi. Kami mendukung program yang diinisasi BPBD Dan Yonif 310/KK ini," ungkap Sekda Iyos Somatri kepada sukabumiNews saat menghadiri Pelatihan Dasar Petugas Penanggulangan Bencana tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2019 di Markas Yonif 310/KK, Selasa (23/07/2019).

Sekda Iyos Somantri
Melalui sinergi BPBD-Yonif 310/KK ini, Sekda Iyos berharap, nantinya para relawan akan memiliki mental dan fisik yang kuat dan punya kemampuan bertindak dalam melalukan pertolongan dan evakuasi pada saat terjadi bencana nanti. Karena kata dia, Kabupaten Sukabumi saat ini masih rawan mengalami bencana alam seperti longsor, retakan tanah, puting beliung dan berpotensi terjadi tsunami.

"Daerah kita masih rawan bencana, jadi sangat membutuhkan petugas yang benar-benar kuat dan memiliki komitmen mengabdi untuk masyarakat. Agar mereka tidak goyah sehingga belum apa-apa sudah tenggelam (berhenti.red)," tutur Hm Iyos Somantri.

"Mereka sebelumnya terlebih dahulu diseleksi dan selama 5 hari akan digembleng di sini. Jadi, harus mengikuti sepenuh hati dan mengikuti narasumber guna mendapatkankan wawasan yang tepat," tambahnya.

Disoal awak media terkait kebakaran yang kerap terjadi di Selatan Sukabumi, Sekda Iyos mengatakan akan melakukan komunikasi intensif dengan para kades dan Camat untuk melakukan langkah-langkah preventif meminimalisir kebakaran hutan. "Nanti kita akan adakan sosialisasi dengan mereka secara intensif," jelas H. Iyos Somantri.

Komandan Yonif 310KK, Letnal Kolonel Infanteri Ageng Wahyu Romadhon
Ditempat yang sama, Komandan Yonif 310KK, Letnan Kolonel Infanteri Ageng Wahyu Romadhon menjelaskan, para relawan penangulangan bencana yang sedang di didik di markasnya itu bukan persiapkan menjadi militer sungguhan. Namun kata dia, mereka hanya diberikan sedikit sebagian disiplin ilmu kemiliteran saja khususnya menjiwai karakter militer yang selalu menjalankan tugas tanpa keragu-raguan.

"Di sini mereka akan diberikan pemahaman disiplin ilmu kemiliteran. Dengan disiplin itu, mereka diharapkan mampu membentuk kecerdasannya dan memiliki fisik serta mental yang baik," jelas Letkol Ageng.

Dia menambahkan, pada kegiatan pelatihan itu, pihaknya sudah menyediakan personil hingga 50 include tim medis. "Rasionya, 2 orang relawan berbanding 1 personil Yonif 310/KK," tutup Danyonif 310/KK, Letkol Inf. Ageng Wahyu Romadhon.


Pewarta : Azis. R
Editor : Agus. Setiawan
Copyright © SUKABUMINEWS 2019

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post