Wabup Serahkan Remisi kepada 458 Warga Binaan Lapas Warungkiara

Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono saat memimpin upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Lapas Warungkiara.
Warungkiara, SUKABUMINEWS.net - Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H. Adjo Sardjono menyerahkan remisi kepada 458 narapidana atau istilah mutakhirnya warga binaan Lapas Warungkiara, Kabupaten Sukabumi. Penyerahan remisi tersebut dilaksanakan setelah wabup memimpin upacara peringatan HUT RI ke-73 di Lapas Klas III Warungkiara, Jumat (17/8/2018).

Remisi diserahkan secara simbolis kepada tiga orang perwakilan penerima pengurangan hukuman tersebut. Wabup berpesan kepada para penerima remisi untuk tetap berkelakuan baik agar mereka dapat menerima remisi pada momentum lainnya.
 
Para penerima remisi di Lapas Warungkiara itu merupakan bagian dari 102.976 warga binaan di seluruh Indonesia yang menerima remisi dari Presiden RI. Dalam sambutan yang dibacakan Wabup Sukabumi, Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly mengatakan, para penerima remisi adalah warga binaan yang menunjukan prestasi, dedikasi, dan disiplin yang tinggi dalam mengikuti program pembinaan.

Selain itu, Wabup Sukabumi juga menyerahkan penghargaan berupa Satya Lencana kepada 6 orang petugas Lapas Warungkiara yang telah mengabdikan diri tanpa putus selama periode tertentu.

Selanjutnya Menteri Hukum dan HAM menjelaskan, Proklamasi Kemerdekaan  Republik Indonesia  merupakan sebuah landasan  bagi terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berbekal kemerdekaan, ujar menteri, bangsa Indonesia dapat mewujudkan cita-cita dan tujuan negara yakni masyarakat Indonesia yang merdeka, berdaulat, adil, dan makmur.

Saat ini, ujar Yasonna dalam sambutan tertulis yang dibacakan wabup, tugas dan peran strategis Kementerian Hukum dan HAM dalam mengisi pembangunan tidaklah ringan. Namun juga tidak akan menjadi berat  jika dilaksanakan dengan bergotong royong, bahu-membahu, dan penuh tanggung jawab.

 “Mari kita tumbuhkan sense of belonging terhadap Indonesia dengan menjaga kesaktian Pancasila serta menjalankan UUD 1945 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika," kata wabup saat membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM.

Pada acara itu tampak hadir Kepala Lapas Warungkiara RM. Christio Nugroho, Kabag Hukum Setda Kabupaten Sukabumi, perwakilan Perangkat Daerah, dan Muspika Warungkiara. (*)

Pewarta: Rio Bagja Gumilar
Editor: Red.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post