Operasional Terminal Tipe A Difokuskan pada Pelayanan

Kepala Terminal Tipe A KH. Ahmad Sanusi, Yukky Rahmat Yunus saat memimpin apel siaga sebelum menjalankan tugas mengatur transportasi armada bus antar daerah dan melayani masyarakat
Kota Sukabumi, SUKABUMINEWS.net - Pengelola Terminal Tipe A KH. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi memberikan prioritas pada kepentingan penumpang dengan jalan meningkatkan pelayanan. Selain menjamin kelayakan bus melalui prosedur ramp check, pengelola terminal juga memberikan pelayanan yang manfaatnya dapat dinikmati masyarakat secara langsung.

"Pelayanan yang langsung dapat dinikmati masyarakat antara lain pengejaran bus bagi penumpang yang ketinggalan bus. Dalam pelayanan ini, penumpang dibawa oleh petugas terminal dengan sepeda motor atau mobil operasional," kata Kepala Terminal Tipe A KH. Ahmad Sanusi, Yukky Rahmat Yunus kepada wartawan, Selasa (28/82018) kemarin.

Masih bagian dari upaya peningkatan pelayanan, saat ini, ujar Yukky, jajarannya sedang mengupayakan terwujudnya penggabungan empat trayek angkot sehingga semuanya bisa terakses ke terminal tipe A. Sampai sejauh ini, hanya satu angkot yang trayeknya mendekati terminal tipe A yakni angkot jurusan Ramayana-Balandongan.

"Kami terus berkoordinasi dengan Pak Kadishub Kota Sukabumi dalam merealisasikan rerouting empat trayek angkot. Jika rencana tersebut telah terwujud, makin mudah bagi masyarakat untuk mengakses terminal tipe A," ujar Yukky.

Kendatipun belum ada angkot yang rutenya langsung menuju terminal, jumlah penumpang yang berangkat dari teminal tipe A menunjukkan peningkatan. Pada tahun 2017 terjadi kenaikan jumlah penumpang sebanyak 5 persen dibandingkan tahun 2016. Begitu juga untuk periode Januari sampai dengan Juli 2018 dibandingkan periode yang sama pada tahun 2017, peningkatan jumlah penumpangnya mencapai 5 persen.

"Saat ini sebagian besar penumpang yang akan menggunakan bus ke arah Bandung maupun Jakarta lebih suka naik angkutan umum dari terminal bayangan karena akses ke terminal tipe A masih sangat terbatas," kata Yukky.

Baru-baru ini, Terminal Tipe A KH. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi meraih penghargaan sebagai juara I se-Jawa Barat dalam hal administrasi dari Kementerian Perhubungan RI yang diserahkan oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah-IX Jawa Barat. Penghargaan itu terkait dengan kinerja pelayanan kepada penumpang pada waktu angkutan lebaran yang lalu antara lain sukses memanfaatkan internet dalam melaporkan kondisi lalu lintas ke Kemenhub dan BPTD.

"Kami akan berupaya untuk mempertahankan prestasi tersebut dengan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam berbagai segi," ujar dia.

Bentuk pelayanan lain yang segera akan diluncurkan dalam waktu dekat ini adalah operasional Bus Damri dari Terminal Tipe A ke Bandara Sukarno-Hatta yang merupakan kerja sama Damri dengan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dan Terminal KH. Ahmad Sanusi. Angkutan khusus ini tidak menaikkan penumpang di jalan karena semua penumpang harus naik dari Terminal Tipe A Sukabumi atau Bandara Sukarno-Hatta.

"Kami menyambut baik rencana kerja sama trayek ke bandara tersebut. Saat ini masyarakat dari Sukabumi yang akan ke Bandara Sukarno-Hatta harus pergi ke Bogor dulu. Nanti bisa langsung naik bus dari Sukabumi," jelas Yukky. (*)

Pewarta: Yus F. Purwasari
Editor: Red.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post