Siswa Kelas X SMKN 2 Disertakan pada Alfamart Class Sampai Tamat Sekolah

Kepala SMKN 2 Kota Sukabumi, Didies Darmawan (kanan) didampingi Wakasek Bidang Hubungan Dunia Usaha dan Industri (Hubin) Dedi Samsuri dan seorang peserta program Alfamart Class.

sukabumiNews.net, SUKABUMI KOTA - Sebanyak 46 siswa SMKN 2 Kota Sukabumi mengikuti program praktik Alfamart Class yang merupakan hasil kerja sama sekolah tersebut dengan PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. Mereka berasal dari kelas X jurusan pemasaran yang akan mengikuti program pembelajaran untuk bisnis ritel hingga tamat sekolah.

"Ada 46 siswa yang tergabung dalam satu kelas yang mengikuti Alfamart Class ini," kata Kepala SMKN 2 Kota Sukabumi, Didies Darmawan didampingi Wakasek Bidang Hubungan Dunia Usaha dan Industri (Hubin), Dedi Samsuri, di ruang kerjanya, Selasa (24/7/2018).

Para peserta program, jelas Didies, akan mendapatkan materi bisnis ritel sesuai dengan kurikulum dari pemerintah. Pada program ini, kurikulum Alfamart Class terintegrasi dengan kurikulum sekolah.

Program tersebut, ujar Didies, sebagai langkah maju untuk mempersiapkan siswanya mengisi lapangan pekerjaan di dunia usaha ritel. Walau secara teknis pihak perusahaan nantinya akan melakukan seleksi dalam penerimaan karyawan, ada keuntungan bagi para siswa yang telah mengikuti kelas Alfamart yakni berpeluang besar diterima bekerja di perusahaan ritel tersebut.

"Siswa yang pernah mengikuti Alfamart Class akan mendapat prioritas untuk diterima bekerja karena mereka sudah menguasai dunia ritel dan telah magang selama tiga bulan," tambahnya.

Kerja sama Alfamart dengan SMKN 2 telah terjalin sejak 2015 dan diperpajang setiap tiga tahun sekali. Para peserta tahun ini merupakan angkatan kedua. Para peserta angkatan pertama telah lulus dan bekerja di sejumlah toko Alfamart.

"Sudah ada enam lulusan yang diterima,  sebagian masih menunggu karena usianya belum genap 18 tahun. Lulusan yang lainnya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, " kata  Didies.

Program Alfamart Class, lanjutnya, sangat membantu sekolah dalam menyalurkan lulusannya untuk mengisi lapangan perkerjaan. Di sisi lain pihak perusahaan mendapatkan tenaga kerja terampil yang siap pakai.

Untuk kelancaran operasional program ini, Alfamart membantu minimarket yang ada sekolah dengan menyediakan berbagai macam makanan dan minuman. (*)

Pewarta: Yus F. Purwasari
Editor: Red.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post