Sofumboro Laia, SH : Pancasila Adalah Roh dan Jantung NKRI yang Kokoh

sukabumiNews.net, BATAM – Pancasila merupakan roh negara dimana roh itu adalah kekuatan yang berdaulat. Roh juga ibarat jantung dari seluruh organ negara, karena tanpa roh dan jantung, negara bisa mati dan kacau.

Hal itu di utarakan salah seorang Advokat di Batam, Sofumboro Laia, SH., kepada sukabumiNews ditemui di kediamannya, Kamis (1/6)

Dengan adanya roh yang bergerak, lanjut Sofumboro, negara akan kuat dan kokoh. “Dan dengan adanya jantung, seluruh organ negara dapat menyatu melalui BHINEKA TUNGGAL IKA, yang berarti ‘walaupun berbeda-beda tetapi satu tujuan, dengan prinsip satu bangsa dan satu bahasa.” Jelas Sofumboro.

Dia mengatakan, hari ini (01 Juni 2017) dalah Hari Peringatan Lahirnya ‘Roh’ dan ‘Jantung’ negara kesatuan Republik Indonesia, yaitu Pancasila.


“Secara konkrit organ-organ negara berlindung pada Roh dan Jantung yang memberi keutuhan dan kedaulatan negara, yaitu konstitusi,” ucapnya. “Undang-undang Dasar 1945 sebagai Supremation of Law yang dapat menjamin hajat hidup orang banyak.” tambahnya.



Dijelaskan dia, secara Yuridis pancasila sebagai ideologi bangsa yang merupakan cerminan dan pandangan hidup berbangsa dan bernegara. “Ideologi itu merupakan dasar (pondation) paradigma yang utuh yang memiliki nilai, moral dan arah tujuan negara dengan satu goals, yakni untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia, dan dengan Tegas mengharamkan adanya Perpecahan.” Jelas Sofumboro Laila, SH. (Veri G.)

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post