Diskoperindag Siapkan Operasi Sidak Akhir Tahun

sukabumiNews.net, KOTA SUKABUMI - Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag)  Kota Sukabumi akan menggelar sidak (inspeksi mendadak) ke berbagai pasar tradisonal dan pusat perbelanjaan modern. Tujuan sidak ini adalah untuk menjamin  rasa aman seluruh lapisan masyarakat menjelang pergantian tahun, khususnya terkait keamanan, harga, dan persediaan makanan dan minuman.

"Sasaran sidak adalah  sejumlah supermarket dan pasar-pasar tradisional di seluruh pelosok Kota Sukabumi," kata Kepala Diskoperindag Kota Sukabumi,  Ayep Supriatna kepada wartawan.
 
Sidak tersebut, ujar Ayep, dilaksanakan oleh tim khusus bentukan Diskoperindag. Tim akan terjun ke lapangan  untuk mengecek dan memeriksa berbagai jenis makanan dan minuman untuk megetahui harga, keamanan, tingkat persediaan barang-barang yang diperiksa. Salah satu prosedur dalam sidak adalah mengecek kedaluwarsa makanan dan minuman dalam kemasan. 

"Apabila  ditemukan ada supermarket, minimarket, toko atau kios yang menjual produk makanan dan minuman yang masa berlakunya sudah kedaluwarsa, tim akan mengambil tindakan tegas dengan menyita barang tersebut dan menjatuhkan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku. Target kami tidak boleh ada makanan dan minuman yang masa kedaluwarsanya sudah habis," kata Ayep. 

Sedangkan untuk mengecek dan memeriksa kesehatan termasuk halal atau tidaknya  makanan dan minuman itu  bukan tugas Diskoperindag. Tugas ini dijalankan oleh  instansi dan lembaga lain  seperti Dinas Kesehatan, Kantor Kemenag (Kementerian Agama), dan MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Menyinggung harga barang-barang bahan pokok dan barang-barang penting strategis lainnya di Kota Sukabumi,  Ayep  menyebutkan masih relatif stabil serta fluktuasi harganya masih dalam batas kewajaran. Persediaan  barang-barang tersebut dalam kondisi mencukupi. (Roby/Red*)

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post