Di Desa Ini Lapangan Bola Ditumbuhi Sayur Sosin

sukabumiNews, SUKABUMI – [#infoUnik] Jika kita lihat tumbuhana sayuran banyak terkampar di kebun-kebun, itu biasa. Namun di desa ini, sayuran tersebut tumbuh di atas lapangan bola.

Meski tetap nama umum dari lapangan bola itu tidak berubah, yakni lapangan hijau, Namun hijaunya lapangan bola yang terletak di kp. Kutasirna Rt. 09/03, desa Kutasirna, kecamatan Cisaat, kabupaten Sukabumi ini bukanlah karena ditumbuhi dengan rumput halus, tapi ditumbuhi sayur sosin atau cacim.

Sepintas memang tidak ada yang aneh pada kebun tersebut. Tapi tatkala melihat ada gawang (goal keeper) tertancap paten di sisinya, barulah yang melihat akan sadar, bahwa ternyata itu bukanlah kebun sembarang kebun, alias kebun biasa. Tapi nyata adalah lapangan bola sederhana yang luasnya lebih kurang 8 Are.

“Awalnya memang lapangan bola yang diperuntukkan bagi masyarakat desa ini. Bahkan banyak pula dari luar desa yang datang untuk menyewa lapangan ini untuk bertanding,” ucap Ibu Mumun, warga kampung tersebut kepada sukabumiNews, Senin (20/6) belum lama ini.

Ibu Mumun adalah ibu si pemilik tanah (pak Amat) yang tanahnya tengah disewa oleh Desa Kutasirna.

“Namun mungkin karena sewa yang harus dibayar, dan kira-kira satu bulan menjelang ramadhan yang menyewa lapang sangat sepi, maka ditanamilah dengan sayur cacim,” papar Ibu Mumun.

Sementara pihak desa pun membenarkan keberadaan tersebut. “Ya, tepatnya dua minggu menjelang puasa Ramadhan, kami menanaminya dengan sayur cacim, karena cacim sejak mulai ditanam hingga panen jaraknya tidak terlalu lama,” ujar Kades Kutasirna, Endang Setiawan. “Hasilnya, tentu untuk membayar sewa lapang.” Tambahnya.


Dijelaskan Endang, akhir-akhir ini aktifitas lapangan itu memang kurang, terlebih karena mungking menjelang puasa ramadhan. Sedangkan menurut Endang, pihak desa tidak boleh berhenti untuk membayarkan sewanya kepada pemilik tanah. Oleh karenanya, untuk sementara kami berinisiatip untuk menanaminya dengan sayur-sayuran. “Termasuk tanaman sayur cacim ini,” pungkas Kades Kutasirna. (Red***/Amalik)


Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post