Hadapi MEA, Indonesia Masih Hadapi Tantangan

sukabumiNews, BANDUNG - Indonesia memiliki penduduk terbanyak ke empat di dunia atau  sekitar 249,9 juta atau sekitar 50 persen dari penduduk ASEAN, sehingga menjadi pasar potensial untuk produk yang dihasilkan industri kreatif.

Selain itu, masih banyak potensi lainnya yang bisa menjadi inspirasi pada industri kreatif yang bernilai Ekonomi tinggi.

Namun, selain potensi masih banyak tantangan yang dihadapi Indonesia dalam membangun indutri kreatif dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Salah satunya Indonesia baru memiliki 1,56 persen dari penduduk atau sekitar 3,9 juta orang. Padahal Singapura sudah memiliki wirausaha sekitar 7,2 persen, Jepang 10 persen, Korea Selatan 9 persen dari jumlah penduduk.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Umum Kadin Jabar Bidang Informasi dan Data, Januar P Ruswita di sela-sela Seminar Nasional "Strategi Indonesia Kreatif Menghadapi ASEAN Economic Community" di Aula Kampus Widyatama, Jalan Cikutra Bandung, Kamis (19/3/2015).

"Dalam bidang pendidikan pun kurang ditunjang dengan Infrastruktur. Misalnya di Tasikmalaya banyak handycraf seperti bordir, namun tidak ada SMK yang membuka jurusan terkait," jelasnya.

Menurutnya, untuk menghadapi MEA diharapkan semua stakeholder untuk memaksimalkan perannya. Misalnya pemerintah memberi peran dalam hal regulasi. Peran cendikia adalah memberikan program-program pendidikan yang berorientasi untuk kebutuhan dunia usah. [red.be/galamedianews.com]

Editor: Bait Elyas

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post