Ratusan Warga Bantargadung Kesulitan Air Bersih

Ratusan warga Kampung Linggaresmi Kecamatan Bantargadung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, harus rela manfaatkan air selokan untuk memenuhi kebutuhan mandi, cuci dan kaskus. Lebih ironisnya, ratusan warga itu terpaksa mengonsumsi air selokan tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.

Air selokan yang persis berada di bibir Jalan Raya Palabuhanratu itu tampak berwarna kekuning-kuningan. Akan tetapi, hal itu tidak menyurutkan warga dalam menggunakannya untuk minum. Salah seorang Warga Linggaresmi Tati menjelaskan, tidak ada pilihan lain selain menggunakan air selokan itu, kesulitan untuk mendapatkan air bersih sudah berlangsung lama.  “Air selokan merupakan pilihan terakhir sebab tidak ada air lagi di sekitar pemukiman. Apalagi sumur sudah lama mengering dalam setahun terakhir,” kata Tati.

Lebih lanjut Tati menejelaskan, pemanfaatan air selokan untuk kebutuhan keluarga saat memasuki musim hujan. Akan tetapi bila musim kemarau hampir seluruh selokan mengering. ” Sehingga warga harus rela mengambil air yang berada jauh dari pemukiman warga. Yakni, sungai Cigadung,” singkatnya.  [PRLM]

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post