Pemkot Sukabumi Raih Penghargaan Terbaik Dalam Pembangunan Daerah 2022 Tingkat Jabar

Pemkot Sukabumi meraih prestasi terbaik dalam Pembangunan Daerah tahun2022. [istimewa]  


sukabumiNews.net, BANDUNG (JABAR)Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi meraih juara terbaik pertama dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2022 Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Pemenang PPD 2022 ini diumumkan pada saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jawa Barat 2023 yang dihadiri seluruh kepala daerah dan unsur Bappeda Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Barat di Ballroom Trans Luxury Hotel Bandung, Kamis (28/4/2022) lalu.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menerima penghargaan PPD 2022 terbaik tingkat Jabar dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. [istimewa] 

Penghargaan diterima langsung Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebagai bentuk apresiasi karena Pemerintah Kota Sukabumi telah menunjukkan prestasi dalam perencanaan, pencapaian dan inovasi pembangunan daerah terbaik di Jabar.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau Kang Emil mengatakan, PPD yang dilaksanakan merupakan evaluasi perencanaan dan pembangunan dengan ruang lingkup penilaian yang meliputi: (1) Proses penyusunan dokumen RKPD, (2) Kualitas dokumen perencanaan daerah (RKPD), (3) Pencapaian pembangunan daerah, dan (4) Inovasi pembangunan yang dikembangkan.

Adapun, menurut Wali Kota Sukabumi, Inovasi Pembangunan Pemerintah Kota Sukabumi pada PPD Jawa Barat 2022 adalah Dana Kitri (Sukabumi Creative Hub), yang bermaksud mendorong tumbuhnya pelaku ekonomi kreatif agar menjadi creativepreneur melalui akselerasi dan penataan potensi ekonomi kreatif dengan pola pelatihan, exhibition, pemasaran, akses keuangan, pendampingan dan pengembangan ekonomi kreatif di Kota Sukabumi.


Atas pencapaian PPD Terbaik se-Jawa Barat ini, Pemerintah Kota Sukabumi terpilih sebagai Kota yang mewakili Provinsi Jawa Barat untuk mengikuti Penilaian PPD Tingkat Nasional Tahun 2023 yang diselenggarakan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dengan rangkaian evaluasi melalui tiga tahap.

“Ketiga itu yaitu penilaian teknis dokumen, presentasi dan wawancara, serta verifikasi, dan saat Press Release ini dibuat, melaju sebagai 10 besar Pemerintah Kota se-Indonesia terbaik PPD yang berhasil masuk ke dalam Tahap III (verifikasi dan kunjungan lapangan) yang penilaiannya dijadwalkan hari Senin - Selasa, 03 - 04 April 2023 mendatang,” terang Achmad Fahmi.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan stakeholder yang telah berpartisipasi dalam perencanaan dan pembangunan kota.

“Penghargaan ini menjadi bukti bahwa kerja keras dan kolaborasi semua pihak dapat mencapai hasil yang memuaskan untuk memajukan Kota Sukabumi ke arah yang lebih baik dan memperbaiki kualitas hidup seluruh warga Kota Sukabumi,” ucap Reni Rosyida dalam rilis yang diterima sukabumiNews.net, Selasa (21/3/2023).

Pewarta: Novi G.
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2023

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post