Hikmah Ramadhan -4

Kedua,  bahwa puasa adalah amat penting bagi kesehatan. Para ahli kedokteran mengakui hal itu. KH. Wahid Hasyim, ulama dan politikus Islam Indonesia yang terkenal, selama hayatnya beliau hampir setiap hari berpuasa. Karena dengan jalan demikian beliau rasai benar betapa besar khasiat puasa untuk mengurangi penyakit gula yang yang menyerang diri beliau.

Tetapi beliau tegaskan, bahwasanya bagi beliau yang terpenting adalah niat beribadat. Adapun kesehetan, baginya adalah nomor dua.

Memang demikianlah pendirian orang alaim. Karena kalau berpuasa dengan niat hanya untuk kesehatan jasmani, belumlah tentu diterima Tuhan. Tetapi berpuasa dengan niat mencapai taqw, itulah yang dikehendaki Tuhan. Dan untung juga kalau disamping ibadat, puasa itu pun membawa kesehatan rohani.

Sebagai kita katakan sebelumnya, bahwa orang Hindu pemuja berhala pun berpuasa. Tetapi pangkalan berpikir mereka, jauh berbeda dengan ajaran Islam. Kalau di ayat 183 surat al-baqarah itu diterangkan bahwa maksud puasa adalah untuk membina ketaqwaan, maka bagi mereka ialah menyiksa diri yang dinamai Raga dan juga untuk mematikan kehendak-kehendak.

Karena menurut mereka selama raga ini masih kuat teguh, selama itu pula terhambatlah nyawa mencapai kenaikannya ke derajat yang tinggi, yang oleh penganut Budha disebut nirwana. Budha Gautama sendiri pun pada mulanya berpendirian demikian, sehingga satu waktu raganya menjadi kurus kering seketika dia bersemedi dibawah pohon bodhi.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post