Habibie Diminta Dilibatkan Selidiki SSJ 100


sukabumiOnlinenews:  Jakarta - Kepakaran BJ Habibe dalam dunia aeronautika bisa dimanfaatkan untuk membantu dalam menyelidiki jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 (SSJ 100) di gunung Salak Bogor pada rabu (9/5/2012).

Apalagi, kepakaran Presiden ke-3 RI tersebut sudah diakui dunia internasional "Prof Dr Ing BJ Habibie satu-satunya pakar aeronautika milik bangsa Indonesia, yang diakui dunia internasional," kata Ketua Dewan Direktur Sabang-Merauke Circle (SMC) Syahganda Nainggolan di Jakarta, senin (14/5/2012).

Menurut Syahganda, jatuhnya pesawat SSJ 100 ini bukan saja menjadi perhatian bangsa Indonesia. Melainkan juga sudah menjadi perbincangan internasional, terutama Rusia di mana pabrikan pesawat Sukhoi itu berada. "Karena penanganan musibah dan penyelidikan penyebab kecelakaan itu menyangkut kerja sama Indonesia dengan Rusia, maka sebaiknya melibatkan Habibie," katanya.

Syahganda menjelaskan, dengan pelibatan Habibie maka perdebatan seputar penyebab jatuhnya pesawat tersebut tidak liar lagi. Apalagi, untuk melakukan penyelidikan bukanlah perkara yang mudah. "Jelas itu pekerjaan tidak mudah, selain tidak bisa dilakukan tergesa-gesa, apalagi sudah mewadahi kepentingan Indonesia dan Rusia.

Dengan demikian, untuk dapat menyentuh permasalahan sebenarnya atas peristiwa naas itu, BJ Habibie harus disertakan," katanya. Keterlibatan BJ Habibie, katanya, juga akan menjadikan hasil penyelidikan bersifat profesional dan independen tanpa perlu terikat pada tarik-menarik kepentingan tertentu. [ant/gus]

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post