Indonesia-Iran Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Bidang Kesehatan dan Ekonomi

Presiden Joko Widodo (tengah kanan) dan Presiden Republik Islam Iran, Seyyed Ebrahim Raisi (tengah kiri) saat menyaksikan persetujuan pertukaran dokumen perdagangan preferensial atau preferential trade agreement (PTA) yang ditandatangani oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (tengah depan kanan) dan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian (tengah depan kiri) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/5/2023). [Foto: RRI/Tegar Haniv]  

sukabumiNews.net, BOGOR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Republik Islam Iran, Seyyed Ebrahim Raisi, menyepakati sejumlah kerja sama dalam sejumlah bidang. Diantarnya bidang kesehatan dan ekonomi.

Kerja sama tersebut dibahas keduanya dalam pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/5/2023).

Terkait kerja sama bilateral dalam bidang kesehatan, kedua negara sepakat melakukan proyek percontohan untuk tindakan operasi telerobotik.

"Pilot project untuk telerobotic surgery, kemudian pilot project untuk telemedicine dan kolaborasi ala telemedicine di 11 puskemas telah berjalan. Saya juga tadi menyampaikan terkait alih teknologi dan produksi bersama dengan BUMN Indonesia," kata Presiden.

Indonesia-Iran juga sepakat kerja sama bioteknologi dan nano teknologi untuk kesehatan, energi pertanian dan lingkungan. Dalam bidang ekonomi, Indonesia dan Iran telah menandatangani persetujuan perdagangan preferensial atau Preferential Trade Agreement (PTA).

Dokumen ditandatangani oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian dan diperlihatkan di hadapan kedua presiden.

"Semoga dapat makin meningkatkan perdagangan Indonesia dan Iran," ujarnya.

Di samping itu, Presiden Jokowi dan Presiden Raisi juga menjajaki pembentukan kesepakatan antarbisnis atau B2B. Selain itu investasi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), dan solusi untuk investasi sektor migas.

"Terakhir, terkait dengan teknologi sinyal perkeretaapian, saya telah menyampaikan harapan untuk kerja sama, riset bersama, alih teknologi, dan assembly," sambungnya.

Dikatakannya bahwa kedua pemimpin juga sepakat untuk terus mendukung perjuangan rakyat Palestina dan mengatasi krisis di Afghanistan.

"Kami sepakat untuk terus mendukung perjuangan rakyat Palestina dan mengatasi krisis kemanusiaan di Afghanistan. Dengan terus menyuarakan akses pendidikan bagi perempuan di Afghanistan dan terus memberikan bantuan kemanusiaan," jelasnya.

Sementara itu, Presiden Iran menyampaikan salam hormat kepada rakyat Indonesia dan penghargaan atas undangan Presiden Jokowi. "Saya berharap dengan adanya hubungan baik antara kami dan Indonesia dapat diambil langkah-langkah menuju perluasan hubungan antara kedua negara," ujar Presiden Raisi. (KBRN)

Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2023

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post