BBPPMDDTT Jakarta Lakukan Monitoring RTL Kelompok Sadar Wisata Desa Pasirhalang

Kepala Desa Pasirhalang RM Yusuf Poernama (memegang mikropon) saat memberikan sambutan pada kegiatan kunjungan monitoring BBPPMDDTT Jakarta ke desanya, didampingi DPMD Kabupaten Sukabumi. Tampak hadir di sampaing kiri RM Yusuf, Camat Sukaraja, Erry Erstanto. [Foto: sukabumiNews/Prim RK]  

sukabumiNews.net, SUKARAJA – Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BBPPMDDTT) Jakarta didampingi Dinas Pemberdayaan dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi melakukan kunjungan ke Desa Pasirhalang, Sukaraja, Kabupaten Sukabumi.

Kunjungan dilakukan dalam rangka memonitor Rencana Tindak Lanjut (RTL) kegiatan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pasirhalang yang telah mengikuti pelatihan tentang potensi wisata Desa Pasirhalang pada tahun sebelumnya yaitu tahun 2022.

Demikian diungkapkan Kepala Desa (Kades) Pasirhalang RM Yusuf Poernama kepada sukabumiNews usai menerima kunjungan dari BBPPMDDTT Jakarta, pada Selasa (22/5/2023).

“Kedatangan BBPPMDDTT bertujuan mendampingi para alumni pelatihan desa wisata angkatan 3, tahun 2022. Mereka melakukan monitoring, sudah sejauh mana Pokdarwis Desa Pasirhalang yang sudah dilatih menyusun RTL tersebut, dalam merintis desa dan membentuk desa wisata,” terang Kades Yusuf.

Selain itu, tambah Yusuf, mereka juga melakukan memonitor terkait potensi Desa Pasirhalang, khususnya Taman Bejo Pasirhalang yang menjadi juara ke-1 tahun 2019 tingkat Kabupaten Sukabumi, dan juara ke-2 tahun 2020 tingkat Provinsi Jabar.

“Mereka monitoring sampai sejauh mana ini bisa dikembangkan dan ditingkatkan menjadi wisata edukasi. Dan Alhamdulillah, walaupun dalam kondisi minim anggaran, Desa Pasirhalang bisa diintervensi untuk pembuatan sarana prasarana guna pengembangan wisata desa tahun ini,” terangnya.

Yusuf berharap, sesuai rencana, mudah-mudahan cita-cita Desa Pasirhalang untuk menjadi desa wisata, bisa terwujud. Karena menurutnya, selain bisa memberdayakan masyarakat, bisa juga untuk menambah penghasilan asli desa atau PADes.

Di tempat yang sama, Camat Sukaraja Erry Erstanto yang turut hadir dalam kegiatan monitoring tersebut mengucapkan terimakasih atas kedatangan BBPPMDDTT untuk melihat realisasi RTL dan hasil Bintek Desa Wisata yang dilaksanakan tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah, hari ini mereka monitor ke kita. Mudah-mudahan dengan kedatangan mereka ini bisa memberikan motivasi untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi terutama di Desa Pasirhalang, khususnya Taman Bejo ini," ucap Erry.

Erry menambahkan, Pokdarwis bersama Kades Pasirhalang sudah membuat RTL  untuk Taman Bejo yang dikembangkan sedemikian rupa, sehingga bisa menjadi Wisata Edukasi untuk anak anak .

Erry berharap kepada Pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Provinsi memberikan support dengan memberikan bantuan yang berbeda, tidak disamaratakan dengan desa-desa yang tidak memiliki potensi yang bisa dikembangkan.

BACA Juga: Wabup Sukabumi Hadiri Rembuk Stunting Perdana yang Digelar Pemdes Pasirhalang

Pewarta: Prim RK
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2023

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post