Beri Pemahaman tentang Moderasi Beragama, MAN 1 Kota Sukabumi Gelar Kegiatan BURAQ

Dalam upaya memberi pemahaman yang benar tentang Moderasi Beragama, MAN 1 Kota Sukabumi menggelar kegiatan BURAQ. [ilustrasi/istimewa] 

sukabumiNews.net, KOTA SUKABUMI – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Sukabumi menggelar kegiatan BURAQ, dengan tema utama “Peningkatan Mutu Siswa Melalui Kegiatan Penguatan Moderasi Beragama dan Aktualisasi Pada Kehidupan Bermasyarakat”.

Kegiatan ini digelar di MAN 1 Kota Sukabumi mulai dari Senin hingga Rabu, 27-28 Februari 2023 dan Rabu (1/3/2023) dengan diikuti oleh seluruh siswa/siswi MAN 1 Kota Sukabumi.

Ketua pelaksana kegiatan, Ade Kamaludin, S,Pd.I mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menyiapkan siswa-siswi MAN 1 Kota Sukabumi menjadi pribadi yang berakhlak mulia, melaksanakan kewajiban agama sehari-hari, demokratis, serta mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat, minat, dan kreativitas.

Adapun tujuan diadakannya kegian ini yaitu untuk menumbuhkan sikap moderat siswa-siswi, sikap berbangsa dan bernegara, sikap toleransi, dan menerima kearifan lokal, serta anti kekerasan,” terang Ade Kamaludin kepada sukabumiNews.net, Rabu (2/3/2023).

Selain itu, tambah Ade, melalui kegiatn serti ini para peserta juga diharapkan mampu menumbuhkan ukhuwah yang lebih erat di kalangan siswa-siswi MAN 1 Kota Sukabumi, meningkatkan semangat keislaman dan memperdalam syari’at Islam dalam kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan mutu siswa-siswi dalam mengembangkan bakat di bidang keagamaan, memberikan motivasi kepada generasi penerus agar selalu memegang teguh tali agama dan dapat membentengi diri dengan keimanan dan ketaqwaan yang kuat, serta meningkatkan mutu siswa-siswi dalam mentauladani akhlaq Rasulullah SAW,” bebernya.

BACA Juga: MAN 1 Kota Sukabumi Belajar Kompetensi Lingkungan ke Kampus UN Yogyakarta

Tidak itu saja, lanjut Ade, melalui kegiatan BURAQ ini juga para siswa diharapkan dapat membangun rasa peduli terhadap orang-orang yang tidak mampu, kemudian menumbuhkan dan meningkatkan jiwa kepemimpinan siswa agar lebih cekatan, mampu berpikir kritis, mampu memecahkan masalah, dan mampu bekerja sama.

“Intinya, kami berharap, apa yang dimusabaqohkan dalam kegiatan BURAQ ini nantinya bisa mengembangkan karakteristik siswa madrasah yang memiliki intelektual, kreatifititas serta nalar berfikir yang berguna bagi agama, tanah air dan bangsa Indonesia,” jelasnya.

Ini semua, tambah Ade, sebagai bentuk ikhtiar kami untuk menghilangkan penyakit  lahir dan bathin, serta meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan semangat pengamalan ajaran agama bagi para pelajar MAN 1 Kota Sukabumi,” tutupnya.

Adapun, lanjut Ade, kegiatan yang dilaksanakan pada gelaran BURAQ ini yaitu Perlombaan Berbasis Keagamaan, meliputi Musabaqoh Tilawatiwatil Qur’an (MTQ), Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ), Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK), Dakwah dan Shalawat, serta Pendalaman Materi Tentang  Moderasi dan Peningkatan Kualitas Ibadah.

BACA Juga: MAN 1 Kota Sukabumi Raih 7 Gelar Juara Sekaligus pada HAB Kemenag Ke-77

Sementara itu, Kepala MAN 1 Kota Sukabumi, Drs. H. Badru Tamam, M.Pd. menjelaskan, BURAQ, yaitu peningkatan mutu siswa melalui kegiatan penguatan moderasi beragama dan aktualisasi pada kehidupan bermasyarakat.

“BURAQ adalah suatu kegiatan yang di maksud untuk memberikan pemahaman yang benar kepada siswa-siswi MAN 1 Kota Sukabumi, tentang moderasi beragama, yaitu proses memahami agama dan sekaligus  mengimplementasikan ajaran agama secara benar, seimbang dan adil, agar terhindar dari perilaku yang terlalu berlebihlebihan dalam beragama atau dalam istilah lain yaitu perilaku ekstrem,” papar Badru Tamam.

Ditambahkannya bahwa kegiatan BURAQ ini merupakan salah satu upaya untuk menyiapkan siswa-siswi MAN 1 Kota Sukabumi menjadi pribadi yang berakhlak mulia, melaksanakan kewajiban agama sehari-hari, demokratis, serta mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat, minat, dan kreativitas.

“Pembinaan siswa melalui BURAQ merupakan keharusan sebagai upaya menjadikan siswa-siswi MAN 1 Kota Sukabumi sebagai penerus, sehingga siswa dapat mempunyai kemauan, kemampuan, dan presepsi dalam mengelola pribadinya,” tutupnya.

BACA Juga: Kepala MAN 1 Kota Sukabumi Bangga, Siswanya Jadi Peserta Kemah Bakti Harmoni Beragama

Pewarta: Sultan
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2023

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post