Gempa Guncang Bayah, Sukabumi pun Bergoyang

Infografis gempa bumi di Bayah, Banten. FOTO: BMKG


sukabumiNews.net, SUKABUMI - Gempa bumi tektonik dengan magnitud 5.2 mengguncang Bayah, Kabupaten Lebak, Banten pada pukul 05.21 WIB. Gempa tersebut terasa hingga ke Palabuhanratu dan Sukabumi.


Berdasarkan unggahan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Dari data BMKG, gempa tersebut berkekuatan 5.2 SR berada di Liintang 7.57 LS, Bujur 106.05 BT dan Kedalaman : 10 Km.


Adapun lokasi gempa berada pada titik 74 km BaratDaya BAYAH-BANTEN, 84 km Tenggara MUARABINUANGEUN-BANTEN, 85 km BaratDaya KAB-SUKABUMI-JABAR, 162 km BaratDaya SERANG-BANTEN , dan 177 km BaratDaya JAKARTA-INDONESIA


Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan korban jiwa maupun jumlah kerusakan bangunan akibat guncangan gempa berkekuatan M 5,2 ini. Tetapi, warga yang mayoritas tinggal di pesisir pantai Selatan Sukabumi, merasakan guncangannya.


Sementara itu, Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya menjelaskan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi dirasakan di Panggarangan IV MMI dan apabila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, Sukabumi II-III MMI yang getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu, Palabuhanratu II MMI yang getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,


Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik.


“Meski demikian, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” tuntasnya.


Pewarta: Ahmad


Redaktur: Ahmad


COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post