Sarawak Berencana Membangun Jalan, Membuat Kota Baru di Belaga

Kepala Menteri Sarawak, Datuk Patinggi Abang Johari Tun Openg berkomitmen untuk mengembangkan setiap sudut Bumi Kenyalang. (Foto: Astro AWANI)  

sukabumiNews.net, BELAGA – Kepala Menteri Sarawak, Datuk Patinggi Abang Johari Tun Openg berkomitmen untuk mengembangkan setiap sudut Bumi Kenyalang terutama dalam hal infrastruktur dasar dan infrastruktur modern.


Menurut Mendagri, master plan tersebut meliputi pembangunan infrastruktur jalan dari Kabupaten Kapit hingga Belaga serta pembuatan kota baru yang dikenal dengan Belaga Jaya.

 

Ia mengatakan, rencana pembangunan seperti pembangunan jalur darat dilakukan karena adanya kebutuhan masyarakat di daerah tersebut, terutama dari segi keamanan.

 

Pasalnya, lanjut dia, jalur sungai yang menjadi salah satu jalur utama warga di kawasan itu sebelumnya menelan banyak korban jiwa.

 

"Jadi ini adalah sesuatu yang perlu kami perhitungkan. Karena itu, saya pergi ke Nanga Mujong dari Kapit dua minggu lalu untuk melakukan survei sepeda motor," kata Mendagri dalam keterangannya kepada awak media, Sabtu (17/10/2020).

 

Artinyakami sangat serius membangun infrastruktur jalan terutama dari Kapit hingga Belaga,” jelasnya.

 

Selain itu, lanjut dia, rencananya juga termasuk usulan pembangunan kota baru, Belaga Jaya yang terletak di dekat Pekan Belaga.

 

“Seperti saya katakan, Sarawak sudah memiliki master plan untuk kawasan Belaga,” tambahnya.

 

"Ini mencakup rencana untuk membangun perumahan baru. Yang kedua adalah kawasan komersial dan yang ketiga mencakup pengembangan di wilayah seberang sungai, ” terangnya.

 

Tak berhenti sampai disitu, Abang Johari juga mengatakan telah menyetujui usulan pembangunan alun-alun kota Belaga senilai RM20 juta dan masjid di kawasan Jalan Bukit Jayong-Amo dengan biaya RM10 juta atau senilai Rp 35.402.780.000,00.

 

Jelas, kedua tempat tersebut mampu semakin mempererat persatuan komunitas multi agama di Belaga.

 

Sekadar informasi, Liwan adalah orang yang melamar saya untuk menyetujui alokasi pembangunan masjid ini, ”ungkap Abang Jo.

 

Dia mengatakan hal ini pada upacara pembukaan Bank Belaga dan peletakan batu pertama Masjid Distrik Belaga, Sabtu (17/10/2020).

 

Pewarta : Asrto AWANI

Editor : Red

COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post