HUT RI ke-75 Presiden Pimpin Upacara Renungan Suci di TMP Kalibata

Presiden Joko Widodo memimpin upacara apel dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan. (Foto : dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)

sukabumiNews.net, JAKARTA – Presiden Joko Widodo memimpin upacara apel kehormatan dan renungan suci untuk memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang tak dikenal dari seluruh pelosok Indonesia.

Upacara apel kehormatan digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta pada Senin (17/8/2020) dini hari.

“Dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-75, kami yang hadir hari ini Senin tanggal 17 Agustus 2020 pukul 00.00 WIB pada upacara mengenang arwah dan jasa pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di Taman Makam Pahlawan ini,” kata Presiden.


Ia kemudian membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci tersebut.

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa ditempatkan yang sebaik-baiknya," ujar Presiden.

"Begitupun para pahlawan tidak dikenal nama dan tempatnya di kota-kota, didusun-dusun, di lereng gunung, di lembah ngarai dan didasar-dasar lautan," sambungnya.

Upacara kemudian dilanjutkan dengan penyalaan obor dan pembacaan doa oleh Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi yang mengajak semua pihak berdoa agar wabah Corona segera berlalu.

Apel kehormatan dan renungan suci berlangsung dengan khidmat selama sekitar 20 menit.

Sebelum meninggalkan lokasi apel kehormatan, Presiden melakukan penghormatan terakhir terhadap arwah para pahlawan.

Pada sekitar pukul 00.25 WIB, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan sejumlah pejabat dan menteri Kabinet Indonesia Maju meninggalkan Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Setidaknya ada 10.102 pahlawan yang dikubur di TMP Kalibata. Antara lain, pahlawan dari TNI-Polri sebanyak 9. 131, badan perjuangan 877 pahlawan, tokoh nassional.

BACA Juga : Refleksi HUT Kemerdekaan RI ke-75 Dimata Kabaharkam Polri

BACA Juga : Pahlawan dan Perjuangan dalam Islam

Pewarta : DM
Editor : Red
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post