Pembangunan Destinasi Wisata Religi Kelurahan Cikundul Ditunda Akibat Pandemi Corona

Staf Kelurahan Cikundul menunjukan makam Eyang Dalem Suryaningrat yang pembangunanya ditunda lantaran terdampak Pandemi Covid-19.  
sukabumiNews.net, LEMBURSITU – Pembangunan destinasi wisata religi yang digagas, dan merupakan bagian dari program Kelurahan Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, tertunda akibat pandemi Covid-19 (Virus Corona).

Program destinasi wisata untuk melestarikan situs bersejarah makam Eyang Dalem Suryadiningrat ini diprediksi akan digarap kembali pada 2021 mendatang.

Sekretaris Kelurahan Cikundul, Erwan Hermawan mengatakan, berdasarkan hasil Musrenbang tahun 2019 lalu, pembangunan destinasi wisata religi makam yang konon merupakan tokoh penyebar agama Islam di wilayah Kelurahan Cikundul itu sebelumnya direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2020 ini.

"Rencananya tahun 2020, tapi karena adanya pandemi covid-19, untuk sementara, anggaran pembangunannya lebih diprioritaskan kepada penaganan covid-19," jelas Erwan kepada sukabumiNews saat ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (2/6/2020).

Erwan menjelaskan, sebelumnya, di tempat tersebut rencananya akan dibuatkan gajebo, atau tempat singgah para wisatawan yang berziarah di makam Eyang Dalem Suryadiningrat.

Adpun kata dia, luas tempat yang akan dibangun sekitar 80 meter persegi.

"Rencananya lingkungan makam itu akan diperluas menjadi 80 meter persegi, disesuaikan dengan meningkatnya jumlah wisatawan," tuturnya.

Erwin menjelaskan, meskipun saat ini lingkungan makam itu sempit dan belum ada perubahan, tapi jumlah pengunjung tidak pernah berkurang, bahkan cenderung meningkat pada bulan Muharam.

"Penziarah cukup banyak, apalagi pada malam Bulan Muharam, wisatawan cenderung lebih banyak," pungkasnya.

Pewarta : Hendra S
Editor : Azis R/Red.
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post