Bangun Ketahanan Pangan, Polres Sukabumi Kota Tanam Sorgun di Lahan 2 Hektar Pondok Pesantren



sukabumiNews.net, KOTA SUKABUMI - Polres Sukabumi Kota kembali menegaskan salah satu program unggulannya di bidang ketahanan pangan. Didampingi sejumlah pejabat utama, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni memberikan benih tanaman sorgum ke pondok pesantren Darussyifa Al-Fithroh Perguruan Islam Yaspida Kadudampit Sukabumi, Senin (15/06/2020) sore.

Tak tanggung-tanggung, Polwan pertama yang menjadi Kapolres di kota Sukabumi tersebut memberikan benih sorgum untuk ditanam di lahan seluas 2 hektar di area pondok pesantren.

Bersama-sama dengan pimpinan pondok pesantren KH. E Mubarak, Istri Bupati Sukabumi Yani Marwan Hamami, AKBP Sumarni turut melakukan penanaman Sorgum secara simbolis dan memperlihatkan cara menanam sorgum yang benar.

Penanaman Sorgum yang dilakukan oleh Polres Sukabumi tersebut merupakan salah satu program unggulan Polres Sukabumi Kota untuk meningkatkan zona ketahanan pangan di lingkungan pondok pesantren, seperti yang disampaikan Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni usai melakukan penanaman Sorgum.

"Jajaran Polres Sukabumi Kota ingin mengembangkan Sorgum ini ke pesantren-pesantren, kami berharap, pondok pesantren mempunyai zona ketahanan pangan minimal untuk kebutuhan sendiri atau bahkan nanti bisa untuk kepentingan masyrakat yang lebih luas," ujar AKBP Sumarni kepada wartawan Senin.

Kapolres berharap, ada zona ketahanan pangan selain makanan utama padi di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. “Jadi kita nanti punya makanan alternatif, makanan pengganti nasi yaitu sorgum," ulasnya.

Pada kesempatan yang sama, AKBP Sumarni juga menegaskan bahwa membangun zona ketahanan pangan di pondok pesantren merupakan salah satu pilot project yang digagas dirinya untuk dikembangkan ke pesantren-pesantren lainnya.

"Ini sangat perlu dan penting untuk dikembangkan di Indonesia, saya harap pondok-pondok pesantren menjadi pilot project untuk pengembangan Sorgum," tegasnya.

Sementara itu pimpinan pondok pesantren Yaspida, KH. E Supriatna Mubarak mengapresiasi inovasi dan inisiasi Kapolres Sukabumi Kota yang memberikan dan menanam benih Sorgum di lingkungan pesantren.

"Sore ini kami dikunjungi oleh Kapolres Kota Sukabumi, jadi beliau berinisiasi untuk memberikan stimulasi kepada para santri dengan penanaman sorgum," ucap KH. Mubarak.

“Insyaa Alloh kerjasama yang baik antara pihak pesantren dengan Polres Kota Sukabumi ini bisa menjadi hubungan yang sangat sinergis sekali untuk membangun ketahanan pangan khususnya di lingkungan pondok pesantren," pungkasnya.

BACA Juga : Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kapolres Sukabumi Kota Gagas Aksi Tanam Padi dan Benih Ikan

Pewarta : Azis Ramdhani
Editor : AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post