KPU Cianjur Ajukan Dana Pilkada Tambahan Rp14 Miliar

sukabumiNews.net, CIANJUR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur mengajukan anggaran tambahan Rp14 miliar untuk penyelenggaraan Pilkada 2020 Kabupaten Cianjur. Pilkada rencananya akan digelar 9 Desember mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Cianjur Selly Nurdinah mengatakan, nilai biaya tambahan tersebut sudah menghitung optimalisasi atau efisiensi anggaran sebesar Rp3,1 miliar.

“Penambahan yang kami ajukan sebesar Rp14 miliar, usulan ini merupakan hasil penghitungan kebutuhan anggaran tambahan dikurangi pengurangan atau efisiensi dan optimalisasi kebutuhan," ucap Selly kepada Ayobandung.com, Ahad (14/6/2020).

Namun Selly mengaku pesimistis pengajuan dana tambahan ini bisa dikabulkan. Menurutnya, kemungkinan dana itu hanya ditanggung sebesar Rp8,6 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Cianjur.

Sisa kekurangan anggaran tambahan akan diajukan melalui APBN. "Informasi yang saya terima, kemungkinan tidak dikabulkan semua, sisanya akan diajukan pihak pemkab pada pemerintah pusat,” terang Selly.

Plt Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan saat ini penambahan anggaran Pilkada 2020 yang harus menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 sedang dibahas intensif Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

Namun Herman belum menyebutkan besaran anggaran tambahan yang diajukan KPU dan Bawaslu Kabupaten Cianjur.

"Lagi dalam pembahasan TAPD. Kalau masalah besaran, lihat nanti saja ya,” kata Herman Suherman saat dihubungi melalui telepon.

Herman mengaku Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur siap seandainya harus mengalokasikan anggaran tambahan Pilkada.

Selain penambahan, KPU dan Bawaslu juga harus menghitung efisien anggaran karena sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri, ada beberapa kegiatan yang tidak harus dilakukan pada masa pendemi Covid-19.

"Seimbang antara penambahan dan pengurangan. Contohnya perjalanan dinas komisioner KPU, kegiatan seminar, dan lainnya, itu nanti ditiadakan sehingga mengurangi anggaran," ungkapnya.

Pewarta : Abd
Editor : Red.
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post