Pemkot Sukabumi Lestarikan Dongeng Sunda Lewat Roadshow Ngadongeng Sunda

Istri Wali Kota Sukabumi
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi Nicke Siti Rahayu dan Bunda Literasi Kota Sukabumi, Fitri Hayati Fahmi, saat menyaksikan kepiawaian Ki Dewa dalam memainkan Wayang Golek.*  
sukabumiNews, BAROS - Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi berupaya melestarikan dongeng sunda dengan menggiatkan Roadshow Ngadongeng Sunda ke 7 Kecamatan. Langkah ini dinilai efektif dalam membangkitkan budaya ngandongeng sunda di tengah masyarakat.

Roadshow Ngadongeng Sunda dengan tema “Nanjeurkeun budaya literasi di Kota Sukabumi anu religius, nyaman, tur sejahtera” ini digiatkan oleh Bunda Literasi Kota Sukabumi, Fitri Hayati Fahmi beserta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi.

Kegiatan ini dimulai sejak Senin 22 Juli 2019 di Kecamatan Cikole dan Citamiang. Kini roadshow berlanjut ke Kecamatan Baros. ''Kegiatan intinya ingin melestarikan kembali dongeng sunda,'' ujar Bunda Literasi Kota Sukabumi, Fitri Hayati Fahmi di tengah kegiatannya di Kecamatan Baros, Senin (29/7/2019) seperti dikutip dari laman humprosukabumikota.go.id.

Fitri Hayati mengungkapkan, saat ini dongeng sunda sudah jarang diperkenalkan kepada anak-anak. Melalui kegiatan ini Fitri berharap, generasi muda dapat kembali mencintai dongeng sunda.

Kegiatan ini juga kata Fitri, bertujuan untuk meningkatkan minat literasi dan mendorong orang tua agar kembali membiasakan membacakan dongeng kepada anak-anaknya. Dengan membiasakan mendongeng dinilai akan mempererat ikatan orangtua dengan anak. Sehingga akan menjadi media untuk meningkatkan ketahanan keluarga.

Fitri yang juga sebagai Ketua tim penggerak PKK Kota Sukabumi juga mewajibkan kepada para kader PKK untuk memiliki kartu anggota perpustakaan. Hal ini dinilinya sebagai cara untuk meningkatkan wawasan kader PKK dalam berbagai bidang misalnya dalam kemampuan mendongeng dalam bahasa sunda

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi Nicke Siti Rahayu mengatakan, kegiatan ini diadakan dalam rangka pencapaian visi Wali Kota – Wakil Wali Kota yakni mewujudkan Kota Sukabumi religius, nyaman, dan sejahtera. ''Kegiatan ini bukan hanya untuk meningkatkan minat baca pada anak, tetapi juga sekaligus meningkatkan minat baca para orang tua,'' tutur Nicke.

Kegiatan ini dimeriahkan dengan pertunjukan dongeng oleh Ki Dewa dan penampilan dongeng siswi SDN CBM Dewi Sartika yang merupakan Juara 3 mendongeng tingkat Jawa Barat. Ajang ini diikuti peserta dari Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi, para guru dari tingkat SD hingga SMA, para camat beserta jajaran.

BACA Juga:
Kampanyekan Kebersihan Sungai, Pemkot Sukabumi Gelar Festival Walungan


Pewarta: Telly R.
Editor: Red.
Copyright © SUKABUMINEWS 2019

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post