Mitra Kukar akhirnya berhenti menciptakan keajaiban sebagaimana Persib mampu menyegel kemenangan 3-1 (agregat 3-2).

sukabumiNews, BANDUNG - Partai semi-final leg kedua antara Persib Bandung dan Mitra Kukar berlangsung tegang, Sabtu (10/10) malam, di Stadion Si Jalak Harupat. Bertindak sebagai tuan rumah, Maung Bandung pun akhirnya berhasil lolos ke final.

Setelah leg pertama kandas 1-0 dari Mitra, Persib membalasnya dengan kemenangan 3-1 di hadapan publik sendiri. Laga berlangsung keras, cepat dan mendebarkan bagi kedua tim. Hariono pun harus mandi lebih awal karena diganjar kartu merah pada menit 81'.

45 menit pertama laga dihiasi gol yang menghasilkan skor menguntungkan bagi Persib. Babak kedua, Naga Mekes membuat kubu Persib waspada hingga akhir laga demi menjaga kans ke final dengan skor 3-1. Persib pun akhirnya memutus 'keajaiban' Mitra dan melangkah ke final.

Babak Pertama 

Belum dua menit laga berjalan, Persib sudah mampu mencetak gol lewat sundulan Zulham Zamrun. Tendangan bebas dari Makan Konate disambut sundulan Vladimir Vujovic yang kemudian disambar Zulham. Sayang, ternyata Vujovic sudah lebih dulu berada di posisi  offside .

Laga berjalan dengan tempo tinggi, Mitra yang sudah unggul di leg pertama tak mengisyaratkan akan bermain bertahan. Menit 7', bencana menghampiri tim  Naga Mekes , sebagaimana umpan Firman Utina yang disundul OK John untuk diamankan Rivky Mokodompit malah lolos masuk ke gawang. 1-0 untuk tuan rumah Persib.

Respons cepat dilakukan kubu Mitra, serangan cepat yang diawali akselerasi Hendra Adi Bayauw dari sisi kanan untuk melepaskan umpan silang mampu disambut Carlos Raul Sciucatti. Made Wirawan tak berdaya membendung usaha dari pemain asal Argentina hingga skor kembali sama kuat 1-1.

Persib cukup dominan dalam menghasilkan peluang. Sementara penampilan OK John yang dikenal garang malah cemplang di laga ini. Menit ke-20, tembakan keras Makan Konate dari luar kotak penalti tak mampu diamankan dengan sempurna oleh Rivky, kemudian Atep begitu saja mampu menyambut bola  reboundtanpa kesulitan. Persib pun unggul 2-1.

Enam menit kemudian,  Pangeran Biru membayar lunas ketertinggalan mereka. Gol ketiga mampu diciptakan Persib, kali ini Ilija Spasojevic yang secara tenang memanfaatkan kemelut di kotak penalti usai sepak pojok. Bola yang bisa dikontrol penyerang Montenegro itu kemudian dengan mantap dilepaskan ke gawang Mitra. 4-1 untuk  Maung .

Mitra kesulitan untuk menyerang Persib secara mendalam, Rizky Pellu sempat membuka beberapa kans yang tak cukup untuk menjadi gol. Jelang paruh pertama usai, OK John melakukan  handball  sedikit di luar kotak penalti ketika menghalau umpan dengan tangan. Tendangan bebas dari jarak ideal didapatkan Persib, dan Tony Sucipto sebagai eksekutor belum bisa menambah keunggulan. Babak pertama berakhir 3-1.
Babak Kedua 

Persib selaku tuan rumah dan sudah unggul nampak lebih santai di menit-menit awal babak kedua. Sedangkan Mitra lebih dinamis di lini serang. Hendra Bayauw tak hanya stagnan sebagai  winger , ia kerap bertukar posisi dengan Guy Junior yang sejatinya seorang striker. Menit 50', Mitra nyaris mendapat penalti ketika Defri Rizky dijegal di dalam kotak penalti. Namun wasit memutuskan hanya memberikan  free-kick .

Beberapa menit kemudian, pertahanan Mitra lagi-lagi mudah terpedaya. Kali ini Zulham Zamrun yang mampu merangsek ke kotak penalti dan melepaskan tendangan yang tipis melenceng. Semenit berselang, Zulham kembali bebas masuk kotak penalti, namun eks pemain Mitra itu terlalu lama melepaskan sepakan sehingga diblok Michael Orah.

Menit 58', pergantian dilakukan oleh Mitra. Guy Junior dan Michael Orah ditarik keluar untuk digantikan Rachmat Afandi serta Mahdi Fahri Albaar. Meski tak segahar paruh pertama, Persib tetap lebih cemerlang dalam menciptakan peluang. Hanya saja, konsentrasi barisan belakang Mitra lebih bagus.

Hanya butuh satu gol Mitra mampu lolos ke final, hal itu pun memaksa mereka menumpuk pemain di daerah Persib saat laga 15 menit tersisa. Menit 78' Yogi Rahadian dan Vladimir Vujovic sempat bersitegang dan keduanya harus diganjar kartu kuning.

Menit 81', Hariono diganjar kartu kuning kedua karena melakukan tekel kepada Raul Sciucatti yang unggul langkah. Hariono pun harus mandi lebih awal, pelatih Djadjang Nurdjaman merespons kartu merah Hariono dengan mengganti Zulham Zamrun dan Atep, untuk digantikan Dedi Kusnandar serta Taufiq.

Naga Mekes pun mengurung Persib, namun umpan-umpan panjang mudah dipotong, penetrasi mudah dihentikan. Suasana di  bench  pun menyiratkan ketegangan dari kedua tim dan tiga menit waktu tambahan diberikan wasit Handri Kristanto. Namun skor tak berubah hingga sang pengadil meniup peluit akhir pertandingan. Persib lolos ke final.

Susunan Pemain

Persib : I Made Wirawan; Supardi, Vladimir Vujovic, Achmad Jufriyanto, Tony Sucipto; Hariono, Firman; Makan Konate; Zulham Zamrun, Ilija Spasojevic, Atep.
Cadangan : Natshir Fadhil, Dias Angga, Agung Pribadi, Taufiq, Abdul Rahman, Dedi Kusnandar, Yandi Sofyan.

Mitra : Rivky Mokodompit; OK John, Saepullah Maulana, Syahrizal, Michael Orah, Rizky Pellu, Eka Ramdani, Hendra Bayauw, Defri Rizky; Carlos Sciucatti; Guy Junior.
Cadangan : Joice Sorongan, Yogi Rahadian, Hendra Ridwan, Yanto Basna, Rachmat Afandi, Airlangga Sucipto, Mahdi Fahri.

Sourch: GOALcom

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post