Prabowo Ingin Dirikan Lembaga Tabungan Haji

Jakarta - Calon Presiden Prabowo Subianto mencetuskan gagasan baru kala menyoal pembentukan lembaga pembiayaan di dalam negeri yaitu lembaga tabung haji. Rencana ini terkait Indonesia merupakan negara dengan jumlah jemaah haji tertinggi di dunia.

"Akan ada bank koperasi, sebagai penguatan lembaga biaya dana bergulir. Kami juga akan mendirikan lembaga tabung haji karena ada 200 ribu jemaat Indonesia yang pergi haji setiap tahun dengan waiting list yang banyak dalam 8-10 tahun ke depan," tutur Prabowo.

Dia menjelaskan, dengan lembaga tabung haji, para calon jemaat tak perlu lagi menjual aset, sawah dan ternak yang dimilikinya.

Tetapi dana tersebut bisa ditabung dan akan dikelola melalui lembaga tabung haji hingga menjadi dana yang besar dalam jangka panjang.

"Itu dapat menjadi salah satu sumber untuk pembiayaan infrastruktur karena dana tersebut bersifat jangka panjang. Pemerintah harus berani menghemat di segala bidang agar kita punya uang untuk diinvestasikan di bidang produktif," jelasnya.

Sementara cawapres Hatta Rajasa mengungkapkan rencana pembentukan lembaga pembiayaan bagi usaha kecil dan menengah (UKM). Maklum, selama ini pengusaha UKM mengeluh sulit mendapatkan pendanaan untuk usaha.

[Liputan6]

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post